Kebiasaan Orangtua Mendongeng Rendah

Kompas.com - 21/10/2010, 16:47 WIB
Editor

YOGYAKARTA, KOMPAS - Kebiasaan mendongeng dan membacakan buku pada anak di Indonesia masih lemah. Padahal, kebiasaan ini efektif untuk meningkatkan kemampuan kognisi dan bahasa pada anak.

Penelitian yang dilakukan dosen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Amelia Maika, di sejumlah daerah pedesaan di sembilan kabupaten di Indonesia menyebutkan, banyak orangtua tidak pernah mendongeng atau membacakan cerita untuk anaknya.

Penelitian pada orangtua dengan anak berusia kurang dari empat tahun menyebutkan, sekitar 60 persen orangtua tidak pernah membacakan buku dan sekitar 50 persen tidak pernah mendongeng.

"Untuk orangtua dengan anak berusia kurang dari satu tahun, angkanya juga tinggi. Sekitar 70 persen tidak pernah mendongeng dan sekitar 80 persen tak pernah membacakan buku," katanya usai seminar "Kemiskinan Pedesaan dan Perkembangan Anak Usia Dini di Indonesia di Pusat Studi Pedesaan dan Kawasan UGM", pekan lalu.

Hal ini, kata Amelia, sangat disayangkan karena Indonesia sebenarnya mempunyai banyak dongeng dan cerita daerah. Kebiasaan ini juga merupakan cara murah untuk meningkatkan kemampuan kognisi dan bahasa pada anak.

"Melalui dongeng dan kebiasaan membacakan buku, anak-anak secara otomatis belajar kosakata, pemahaman, dan berpikir kritis. Kegiatan ini juga membangun kedekatan emosi antara anak dan orangtua," ucapnya.

Amelia menuturkan, status sosial dan ekonomi serta tingkat pendidikan orangtua berkorelasi pada kemampuan kognisi dan bahasa anak. Semakin miskin orangtua, semakin sulit menyediakan akses bahan bacaan pada anak-anaknya. (IRE)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.