Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tanda Sports Bra Harus Diganti

Kompas.com - 08/12/2010, 17:57 WIB

KOMPAS.com - Paling kesal jika Anda memiliki sports bra yang pertama dibeli terlihat sangat bagus dan kencang, namun kini Anda menyadarinya telah usang dan tidak lagi nyaman dipakai.  Maklum, sports bra jumlahnya tidak sebanyak bra biasa. Pilihannya terbatas, padahal Anda juga harus memilih yang mampu memberikan penyangga payudara dengan baik.

Perlu Anda ketahui, umur sports bra ternyata lebih pendek daripada yang Anda kira. Tergantung seberapa sering Anda mengenakannya, sports bra sebaiknya sudah diganti setelah lewat 6 - 12 bulan. Namun tepatnya, bagaimana Anda mengetahui bahwa sudah saatnya bra diganti?

1. Talinya tergulung atau naik. Ini hal yang paling umum terjadi pada bra yang sudah tua. Setelah ratusan kali dicuci, tali bra bagian bawah (yang ada pengaitnya) menjadi tidak elastis lagi, kendor, dan tidak mampu memberikan dukungan yang tepat untuk payudara Anda. Padahal, tali bagian bawah inilah yang menyediakan fondasi untuk dukungannya. Bila Anda sudah merasakan tali bra yang kendor, segeralah membeli bra yang baru dengan penyangga yang masih kuat.

2. Strap yang tidak meregang lagi. Tali bra yang disangkutkan ke kedua pundak Anda seharusnya memiliki daya regang minimal untuk mengurangi gerakan payudara ke atas dan ke bawah. Seperti juga tali pengait di bagian bawah, pada bra yang sudah terlalu sering dicuci, talinya yang membantu mengangkat payudara Anda jadi tidak kaku lagi. Tali yang longgar dan tidak stretch lagi mungkin terasa lebih nyaman, tapi sebenarnya tidak menyangga payudara dengan cara yang seharusnya dibutuhkan saat beraktivitas.

3. Tidak mengukur ukuran payudara selama setahun. Ukuran bra ternyata bisa berubah dengan cepat akibat penurunan atau penambahan berat badan, kehamilan, penuaan, atau sekadar akibat gravitasi bumi. Bra yang pas akan membantu memberikan penyangga yang baik. Jika sports bra Anda sudah tidak terlihat kencang, atau Anda sudah lama tidak mengenakannya, jangan menganggapnya masih muat di tubuh Anda. Paling baik jika Anda mengukur payudara setiap tahun untuk memastikan ukuran yang paling pas, sehingga Anda mendapatkan penyangga dan kenyamanan yang terbaik.

Jika saat ini Anda mempunyai bra khusus untuk sports, dan ingin membuatnya lebih tahan lama, lakukan hal-hal di bawah ini:

* Cuci sports bra hanya setelah 1 - 3 kali pemakaian, untuk menghilangkan kumpulan keringat, kotoran, dan bakteri yang bisa merusak bahan.
* Pasang pengaitnya sebelum Anda memasukkannya ke mesin cuci. Namun yang terbaik adalah mencucinya dengan tangan, untuk mencegah terjadinya perubahan bentuk pada cup-nya.
* Setelah dibilas, bra tak perlu diperas. Gantungkan saja langsung di tali jemuran, atau taruh di atas handuk hingga kering. Sebaiknya tidak mengeringkannya di pengering mesin cuci karena pengering juga bisa merusak bahan. Jangan menggunakan pelembut pakaian yang akan melapisi bahannya dan membuat bahan bra tidak dapat teraliri udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com