Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Biarkan Liburan Malah Bikin Stres!

Kompas.com - 13/12/2010, 10:48 WIB

KOMPAS.com - Liburan seharusnya menyenangkan, bukan membuat Anda stres dan kelelahan karena harus menyelesaikan konflik keluarga atau membereskan rumah. Menurut survei yang dilakukan oleh Sleepbetter.org, 26 persen perempuan mengatakan bahwa mereka jadi kekurangan tidur karena stres saat liburan, dan 42 persen mengkhawatirkan pengeluaran yang meningkat saat liburan. Artinya, ternyata ada banyak hal yang bisa menimbulkan stres.

Untuk mencegah kondisi ini terjadi saat liburan mendatang, pastikan Anda melakukan beberapa hal berikut.

Pijat
Cedars Sinai Medical Canter belum lama ini menunjukkan hasil penelitian yang mengatakan bahwa satu sesi pijat saja sudah bisa mengurangi debar jantung dan tekanan darah, serta meningkatkan pelepasan endorfin. Efek secara langsung, rasa pegal-pegal dan pundak yang kaku karena terlalu lelah bekerja juga langsung lenyap.

Lakukan makeover pada tahun yang baru
Sukses melakukan makeover juga membuat kita lebih bersemangat. Anda bisa mencoba mengecat atau memotong pendek rambut, menerapkan gaya berbusana yang baru, ikut kelas bodycombat di pusat kebugaran (sehingga tubuh lebih langsing dan kencang), atau ikut kursus membuat craft atau aksesori. Pokoknya, mulailah memikirkan cara untuk menyegarkan diri Anda di tahun yang baru, demikian saran Tina B. Tessina, PhD, psychotherapist dan penulis buku Money, Sex and Kids: Stop Fighting About the Three Things That Can Ruin Your Marriage. Hal ini membuat Anda tetap bugar meskipun liburan sudah usai.

Me time
Menjelang hari Natal dan tahun baru, Anda yang merayakan pasti disibukkan dengan urusan keluarga. Entah itu pulang kampung untuk merayakan Natal, membeli bahan-bahan makanan untuk memasak hidangan Natal, atau merancang liburan akhir tahun. Menurut Tessina, Anda perlu menyisihkan waktu tersendiri untuk menggabungkannya dengan aktivitas lain yang mudah dan menyenangkan untuk Anda. Misalnya, membaca novel yang baru, menonton film-film yang belum sempat ditonton, atau ngopi-ngopi dengan teman. Usai menyelesaikan aktivitas ini, dijamin Anda akan merasa muda kembali,karena Anda melakukan sesuatu hanya untuk diri Anda!

Tetap menjaga pola makan
Tidak membiasakan diri untuk sarapan biasanya hanya akan membuat Anda mengonsumsi makan siang berlebihan dan dengan menu yang kurang sehat. Hal ini hanya akan mengacaukan kadar gula darah Anda, dan akan menghabiskan energi.

"Untuk mulai mengalahkan kondisi ini, Anda perlu mengingat untuk mengawali hari dengan saparan," kata ahli gizi para selebriti yang juga penulis buku Saving Dinner, Leanne Ely. "Sarapan akan membatalkan 'puasa' Anda dari malam sebelumnya, dan meningkatkan metabolisme, sehingga membantu Anda lebih waspada dan siap mengawali hari dengan lebih optimis."

Nikmati sarapan yang berkualitas, seperti buah potong dan yogurt tawar, atau oatmeal dengan potongan buah. Atau ingin dadar putih telur dengan keju? Boleh juga!

Berikan pujian untuk diri Anda
Setelah sibuk seharian, jangan lagi memikirkan apa yang belum sempat terselesaikan, melainkan apa yang sudah Anda selesaikan, begitu menurut pakar manajemen stres Debbie Mandel, yang juga penulis buku Addicted to Stress: A Woman's 7 Step Program to Reclaim Joy and Spontaneity in Life.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com