Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Kulit Bibir Selalu Mengelupas

Kompas.com - 06/04/2011, 10:36 WIB

TANYA : 

Dok apakah penyebab kulit luar bibir saya selalu/sering mengelupas. Padahal, sudah saya mencoba mengatasinya dengan memakai lipgloss, tapi tetap saja tidak ada perubahan. Adakah cara lain atau obat untuk penyembuhannya? Atas jawabannya saya ucapkan terimakasih.

A Rachmawati, 27, Rangkasbitung

 

JAWAB :

Mbak Rachma, permasalahan ini banyak sekali penyebabnya dan sering ditanyakan oleh pasien, terutama para pasien wanita. Jawaban saya kepada mereka akan saya ungkapkan ke mbak.

Penyebab bibir selalu kering atau mengelupas banyak sekali. Salah satunya adalah faktor kesehatan rongga mulut. Hal itu bisa karena gigi berlubang, penggunaan gigi palsu, gas lambung naik (gerd), atau bisa akibat dari pemakainan lipstick dan mouthwash yang menimbulkan reaksi alergi. Atau bisa juga akibat kekurangan vitamin dan kelainan fungsi tubuh lainnya.

Hal ini perlu dicari penyebabnya, apalagi jika anda merasa sudah melakukan upaya maksimal dengan pemenuhan gizi, kesehatan yang baik dan juga kebersihan mulut yang baik. Oleh karena itu, saya sarankan untuk sebaiknya menemui dokter Anda untuk berkonsultasi lebih lanjut .

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com