Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha AS Akan Investasi di "Startup"

Kompas.com - 28/07/2011, 03:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengusaha Amerika Serikat akan segera melakukan investasi di sejumlah startup (usaha rintisan) di Indonesia. Ini sebagai tindak lanjut dari pertemuan para wiraswasta Indonesia dan Amerika Serikat dalam forum Regional Entrepreneurship Summit (RES) yang berlangsung di Bali pada 22-24 Juli 2011.

Hal ini diungkapkan oleh Kuasa Usaha Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Ted Osius, kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (27/7/2011). "Kami akan sesegera mungkin melakukan investasi di perusahaan startup Indonesia. Saat di Bali, mereka telah bertemu dalam konferensi. Mereka di sana dan menyatakan, saya (pengusaha AS) akan menaruh dana dalam proyek ini," tutur Ted.

Namun, Ted menyebutkan, pihak Indonesia harus terlebih dahulu membentuk angel investment network. Dia melanjutkan, ini akan dikelola oleh orang lokal.

Terkait hal itu, ia pun menyebutkan sejumlah nama, di antaranya Jakob Oetama (Kompas Gramedia Group) dan Ciputra (Ciputra Group) selaku honorary chairman dari Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI) sebagai tokoh-tokoh yang akan berperan membangun jaringan tersebut.

GEPI sendiri merupakan organisasi tempat berkumpulnya sejumlah pengusaha lokal yang akan membantu berkembangnya wiraswasta di Indonesia. Dalam mencapai tujuannya ini, GEPI akan bekerja sama dengan berbagai institusi dan perusahaan. "Mereka (GEPI) ingin membentuk angel network untuk membantu wiraswasta Indonesia. Kami pun senang untuk membantunya. Namun tetap, itu (membangun jaringan) harus dari inisiatif masyarakat Indonesia," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com