Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menonjolkan Diri Apakah Disebut Sombong?

Kompas.com - 01/08/2011, 10:34 WIB

TANYA :

Dok . . saya ingin menanyakan apakan definisi mindset dari sombong atau kesombongan ?Apakah orang yang ingin selalu menonjol itu suatu kesombongan, padahal maksud dan tujuannya bukan ingin dikatakan sombong? Masalahnya, persepsi orang tentang yang kita lakukan itu berbeda. Apakah kita harus memikirkan apa yang akan di katakan orang lain?  Saya merasa, setiap apa yang ingin saya lakukan membuat pergerakan yang ingin dilakukan itu serasa terpenjara oleh pemikiran tersebut. Apakah mungkin lingkungan yang buat seperti ini ?  Terima Kasih atas jawabannya.

Wahyu, 21, Bogor

 

JAWAB :

Mas Wahyu yang baik,   Pendapat saya adalah kesombongan itu adalah ketika orang tinggi hati dan merendahkan orang lain karena merasa dirinya satu-satunya yang pintar dan mampu. Keinginan untuk selalu menonjol belum bisa dikategorikan sebagai suatu kesombongan kalau sifatnya positif, maksudnya adalah bahwa keinginan itu ditunjang dengan kerja keras yang konsisten dan dengan cara-cara yang patut, bukan dengan menghalalkan segala cara.

Saat ini, kita sering melihat pendidikan anak-anak sudah mulai membiasakan diri anak untuk berani menonjol dan berpendapat bahkan sejak masih taman bermain. Keberanian untuk tampil sebagai diri sendiri dan mempunyai prestasi adalah suatu hal yang sekarang ditanamkan sejak kecil. Berbeda dengan jaman saya dulu yang anak-anak masih malu-malu untuk tampil ke muka.

Namun memang benar, menonjolkan diri ini perlu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan di mana anda berada. Ada beberapa komunitas orang atau kelompok yang memandang seseorang lebih pada senioritasnya dan usianya yang sudah tua, bukan pada kemampuannya. Apalagi jika melihat usia mas Wahyu yang masih muda, mungkin akan ada beberapa hambatan jika ingin tampil menonjol di kalangan yang memegang prinsip itu.

Pesan saya, tetap bekerja dan berusaha yang baik dalam tugas anda. Berikan yang terbaik yang anda miliki dan pintar-pintarlah untuk beradaptasi dan bergaul di kalangan anda. Hubungan interpersonal merupakan hal yang penting namun sering dilupakan oleh orang yang ingin maju. Semoga anda sukses terus ke depan.   Salam Sehat Jiwa !

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com