Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sirik pada Orang Kurus

Kompas.com - 03/09/2011, 16:26 WIB

KOMPAS.com - Para peneliti telah menemukan banyak gen untuk membantu menjelaskan mengenai obesitas. Kini, mereka melaporkan sebuah penemuan baru yang menerangkan bahwa orang-orang kurus memiliki tambahan gen yang menyebabkan tubuh mereka kurus secara alami.

Gen yang teridentifikasi tersebut merupakan bagian dari sekelompok 28 gen. Gen-gen ini berlipat ganda secara abnormal pada satu dari 2.000 orang, sehingga pembawa gen tersebut tak mampu menambah berat badannya secara normal. Orang-orang dengan terlalu banyak duplikasi dari 28 gen ini cenderung underweight, dengan indeks massa tubuh di bawah 18,5 (berat badan sehat umumnya memiliki IMT 18,5 - 25).

"Jika kami bisa mencari tahu mengapa duplikasi gen pada area ini menyebabkan tubuh kurus, hal itu mungkin bisa menghasilkan perawatan untuk obesitas dan kelainan nafsu makan," kata ketua peneliti, Profesor Philippe Froguel dari School of Health di Imperial College London. "Sekarang kami berencana untuk mengurutkan gen-gen ini, dan mencari tahu apa yang mereka lakukan sehingga kami akan tahu mana yang terlibat dalam pengaturan nafsu makan."

Temuan ini bertolak belakang (namun sebenarnya juga berkaitan) dengan penemuan pada tahun lalu, dimana peneliti mendapati bahwa orang-orang yang tidak memiliki gen-gen ini memiliki risiko mengalami obesitas.43 kali lebih besar.

Penelitian yang dilakukan Froguel ternyata juga berkaitan dengan masalah berat badan pada anak. Separuh anak dengan duplikasi genetik telah didiagnosa dengan kondisi yang disebut "gagal berkembang". Hal itu menunjukkan bahwa kegagalan tumbuh pada masa kanak-kanak dipicu oleh faktor genetik, demikian menurut Froguel. "Jika anak tidak makan, tidak berarti itu kesalahan orangtuanya," tukasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com