Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkah Anda untuk Hidup Lebih Sehat?

Kompas.com - 22/11/2011, 17:32 WIB

KOMPAS.com -  Berat badan berlebih adalah awal banyak masalah. Namun, menurunkan berat badan butuh tekad dan ketekunan. Anda harus punya mental baja dan energi fisik berlebih.

"Menurunkan berat badan itu sangat menantang, butuh komitmen. Orang yang pernah mencoba pasti tahu sekali," kata Donald Hensrud, MD, dokter dan spesialis gizi dari Mayo Clinic, Rochester, Minnesota, AS.

"Jika ada faktor stres, sedang sakit atau terbatas aktivitas fisiknya, diet dapat menjadi lebih sulit lagi," tambahnya.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan ya atau tidak untuk melihat kesiapan Anda untuk hidup lebih sehat.

1.    Apakah Anda belakangan ini punya gangguan yang mencegah Anda berkomitmen menjalani program penurunan berat badan? Gangguan itu bisa berupa masalah dalam pernikahan, tekanan di tempat kerja, atau tekanan keuangan.

2.    Apakah Anda percaya bahwa lebih lambat itu lebih baik? Menurunkan berat badan lebih lambat terbukti aman, sehat, dan efektif untuk jangka panjang. Buatlah tujuan menurunkan berat badan setengah kilogram setiap dua minggu. Kelihatannya memang lambat, tetapi Anda dapat memperbaiki kondisi kesehatan dalam jangka panjang.

3.    Apakah berat badan tujuan terhitung realistis? Ingat, menurunkan paling tidak 5 sampai 10 persen dari bobot tubuh amat berarti untuk kesehatan jika Anda termasuk obesitas. Mulailah penurunan sedikit demi sedikit. Buat target 2 sampai 4 kilogram sebulan atau tanyakan pada dokter Anda berapa berat badan tujuan yang aman dan realistis.

4.    Apakah keluarga dan teman mendukung usaha Anda? Dukungan ini amat berarti untuk kesuksesan usaha Anda

5.    Percayakah Anda dapat mengubah pola makan? Memang mudah secara teori, tetapi dalam praktik sulit sekali mengubah kebiasaan yang sudah mapan.

6.    Apakah Anda ingin aktif secara fisik? Meningkatkan kadar aktivitas fisik penting untuk mempercepat penurunan berat badan serta mencegah kenaikan kembali. Anda akan merasa lebih sehat dan punya lebih banyak energi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com