Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Lebih Rileks Saat "Long Weekend"

Kompas.com - 05/04/2012, 17:06 WIB

KOMPAS.com - Long weekend seharusnya bisa jadi kesempatan bagi Anda untuk beristirahat sedikit lebih lama dari kesibukan kerja. Namun, ada juga orang yang belum benar-benar memanfaatkan libur akhir pekan untuk rileks. Entah si bos yang masih saja mengirim update soal pekerjaan, atau klien yang terus-menerus mengingatkan tentang jadwal deadline pekan depan.... Gagal deh, rencana Anda untuk bermalas-malasan!

Padahal, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Occupational and Organizational Psychology, dengan berhenti total dari kesibukan kerja, produktivitas kerja pada minggu berikutnya justru bisa meningkat, lho. Oleh karena itu, agar long weekend kali ini bisa membuat Anda benar-benar rileks, ini yang harus Anda lakukan:

Buat strategi
Anda tentu tidak ingin libur akhir pekan hanya diisi mengerjakan pekerjaan rumah yang tertunda, bukan? Untuk itu, Anda harus berstrategi selama seminggu sebelum akhir pekan tiba. Buat daftar tugas berdasarkan lokasi, demikian saran Laurie Gay, konsultan gaya hidup dari New York City. Misalnya, membawa pakaian kotor ke laundry yang lokasinya searah dari perjalanan Anda ke kantor. Atau, membeli beberapa barang keperluan rumah tangga sepulang Anda dari kantor.

Tinggalkan "office mode"
"Pada permulaan akhir pekan, stres sepanjang minggu itu masih bertahan," ujar Nina Smiley, PhD, penulis buku The Three Minute Meditator. Hari pertama libur, luangkan waktu untuk meregangkan seluruh anggota tubuh Anda supaya lebih rileks. Tarik nafas dalam-dalam ketika Anda mengencangkan otot-otot tubuh Anda. Lalu, tahan diri Anda untuk tidak tergoda membuka-buka email atau pesan singkat dari rekan kerja atau klien. Jika pun ada, segera abaikan.

Rencanakan kegiatan
Bayangan untuk bepergian keluar kota mungkin kedengarannya asyik. Tapi pastikan perjalanan itu tidak malah membuat Anda kelelahan secara fisik daripada hari-hari biasa. "Jika tujuan Anda kembali dalam kondisi segar, karaoke sampai malam mungkin harus dilupakan, dan lebih baik ikut pijat ala Thai. Kalau tujuannya ingin bersantai, karaoke adalah jawabannya," ujar Gay.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com