Diet untuk Mengecilkan Volume Payudara

Kompas.com - 18/04/2012, 13:54 WIB
EditorDini

T:
Selama ini saya merasa agak terganggu dengan volume payudara saya yang bisa dikatakan cukup besar. Ukuran lingkar dada saya sekitar 80 cm, padahal saya masih SMA. Karena memiliki volume payudara yang besar, saya cenderung harus memakai baju ukuran L. Itu cukup mengganggu saya dalam memilih pakaian. Yang saya mau tanyakan adalah, adakah diet yang dapat mengecilkan ukuran volume payudara saya? Kalau ada, bagaimana cara berdiet yang baik untuk mengurangi volume payudara saya? Terima kasih Dokter. (Michelie, 18)

J:
Dear Michelie,
Perkembangan payudara sudah dimulai beberapa hari setelah seorang bayi lahir, dimana mulai terjadi pembesaran kelenjar payudara sedikit, dan dalam waktu satu minggu akan kembali dalam keadaan tidak aktif. Proses ini berlanjut lagi pada masa pubertas, kelenjar payudara akan berkembang terutama pada jaringan lemak dan jaringan ikat (karena pengaruh hormon estrogen), disertai penyempurnaan perkembangan payudara karena pengaruh hormon progesteron.

Biasanya payudara sudah sempurna terbentuk sebelum usia 16 tahun. Karena banyak jaringan lemak yang ikut menyusun volume payudara, maka Michel dapat mulai melakukan beberapa hal untuk mengecilkan volume payudara:
1. Pertahankan berat badan agar menjadi ideal. Cara menghitung berat badan ideal untuk usia di bawah 40 tahun = 0,9 x (tinggi badan - 100). Juga pertahankan massa lemak tubuh kurang dari 30 persen pada wanita. Diet yang dapat dilakukan adalah diet rendah kalori yang mengandung gizi lengkap dan seimbang. Saya lampirkan contoh menu diet 1200 kkal:
* Sarapan: roti sandwich (roti tawar 1 lembar + telur rebus  1 butir + sayuran lettuce 20 gr + tomat 30 gr)
* Snack pagi: buah segar 100 gr
* Makan siang: nasi 100 gr + soto daging 50 gr + perkedel tahu panggang 60 gr
* Snack sore: salad sayur 100 gr
* Makan malam: nasi 50 gr + ikan panggang 50 gr + sup bayam jagung 100 gr
* Snack malam: pudding buah 100 gr
* Cukup konsumsi air putih sebanyak 8 gelas/hari.

2. Lakukan olahraga untuk memperkuat dan memperbaiki sirkulasi darah daerah otot dada, sehingga memberikan bentuk payudara yang lebih sempurna. Misalnya berenang, bersepeda, dan berjalan cepat. Olahraga dilakukan tiap hari minimal 30 menit. Juga dapat melakukan latihan push-up dan bench press sebanyak 3 set dengan pengulangan 20 kali, dilakukan 2-3 x seminggu.

3. Jangan mudah tergiur oleh rayuan iklan, agar anugerah yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa tidak rusak karena obat-obatan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X