Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kreasi Busana dari "Shawl" - Bagian II

Kompas.com - 03/06/2012, 09:28 WIB

KOMPAS.com -  Dengan sedikit kreativitas, selembar shawl ternyata bisa dibentuk menjadi berbagai model baju dan celana. Shawl dengan bentuk segi empat sampai persegi panjang bisa dikreasikan menjadi sekitar 10 model busana, seperti bolero, tahiti, tuamotu, celana harem, knotted ascot, ring ascot, serta sarung kebaya, yang membuat Anda tampil beda dalam setiap kesempatan.

"Namun, yang harus diperhatikan adalah jenis kain yang digunakan. Untuk menghasilkan bentuk busana yang baik dari shawl, pilih jenis kain yang tidak kaku, sehingga bisa mudah dibentuk dan memberikan draperi yang sempurna," ungkap Arlisya Firana, stylist dari Alleira Batik, di Dharmawangsa Square, Jakarta Selatan, Rabu (30/05/2012) lalu.

Untuk membuat rok yang unik dari shawl, Arlisya memberikan contoh-contohnya berikut ini:

6. Sarung kebaya pendek
1. Bagi stola (shawl panjang berbentuk persegi panjang) menjadi dua sisi dengan lipatan di bagian pinggir. Namun, buat bagian dekat pinggang lebih kecil daripada bagian belakangnya.
2. Silangkan kedua bagian kain ini menutupi pinggang. Namun, sisakan sedikit bagian ujung kain agar bisa ditarik ke belakang.
3. Pegang ujung kain yang panjang, dan serut menggunakan tangan ke bagian bawah kain sehingga membentuk lipatan di bagian depannya.
4. Setelah terbentuk draperi di bagian depannya, pilin-pilin sisa kain yang panjang untuk mengunci kain.
5. Gulung sisa kain ke bagian belakang. Gulungan ini dapat berbentuk kepangan atau pilinan kuat agar lebih rapi saat diselipkan ke bagian dalam kain di belakang.

7. Sarung kebaya panjang
Langkah untuk membuat sarung kebaya panjang ini sama dengan langkah sarung kebaya pendek. Hanya panjang sarungnya saja yang berbeda. Meski menggunakan ukuran stola yang sama, namun panjang pendeknya hasil sarung ini bisa ditentukan. Untuk membuat sarung yang panjang, berarti kain tidak perlu dikurangi lebarnya, dan dilipat di pinggang. "Panjang pendeknya sarung ini, kuncinya terletak pada lipatan kain di pinggang," tukasnya.

8. Knotted ascot
1. Gunakan scarf segi empat, dan bentuk menjadi segitiga besar, kemudian lipat lagi bentuk segitiga yang lebih kecil.
2. Setelah terlipat, ambil bagian ujung segitiga, dan ikat simpul.
3. Pada bagian bawah, ambil dua ujung yang berlawanan pada scarf, kemudian tarik perlahan hingga berbentuk segitiga. Namun, jangan sampai ikatan ini lepas.
4. Ikat di belakang leher dengan simpul dasar. Model ini dapat diaplikasikan bersama dengan blazer dengan cara dimasukkan ke dalam blazer atau di luar kerah.

9. Ring ascot
1. Lipat scarf segi empat menjadi bentuk segitiga.
2. Letakkan scarf pada leher dan ikat ujung bawahnya dengan ring.
3. Rapikan ujung scarf, lalu lebarkan bagian kain ini sampai berbentuk lembaran di bagian depannya. Letakkan scarf di dalam kerah blazer.

10. Sun top
1. Gunakan shawl segi empat yang besar dan lentur.
2. Ikat kedua ujung shawl di belakang leher, namun jangan terlalu kencang sehingga masih ada celah antara leher dan kain.
3. Gulung bagian bawah scarf sampai batas pinggang, kemudian ikat bagian belakang kain sampai kencang. Model ini mirip baju dalaman backless, sehingga bisa digunakan bersama blazer atau cardigan.

Baca juga: Kreasi 10 Busana dari "Shawl" - Bagian I

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com