Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2012, 14:22 WIB

KOMPAS.com - Sebagai seorang wanita  tentu Anda tahu bahwa make-up dapat melakukan banyak keajaiban. Menutupi kekurangan, menonjolkan fitur wajah yang terbaik serta membuat Anda terlihat jauh lebih muda.

Ingin tampil lebih muda tanpa operasi, botox atau yang lainnya? Make-up adalah jawabannya.  Hal ini bukan sekadar berita isapan jempol semata, penelitian menunjukkan bahwa bila diterapkan dengan baik, hal itu dapat membuat pemakainya tampak hampir satu dekade lebih muda. Foundation, bedak, eyeliner serta maskara Anda jika diaplikasikan dengan benar, menurut penelitian akan membuat Anda benar-benar terlihat lebih muda.

Wanita yang berdandan akan terlihat lima hingga sembilan tahun lebih muda dibanding ketika mereka tampil polos. Kate Moss, model berusia 38 tahun, bisa dibilang wanita paling pintar berdandan. Ia dapat membuat wajahnya terlihat sembilan tahun lebih muda hanya dengan menerapkan riasan yang tepat pada wajahnya.

Sementara itu,  Madonna yang sekarang berusia 54 tahun berhasil memangkas  tujuh tahun dari usianya diikuti Cindy Crawford, 46, yang mampu tampil terlihat enam tahun lebih muda dengan hanya berdandan.

Anda akan terkejut melihat perbedaan gambar wanita terkenal dengan atau tanpa make-up. Dalam penelitian responden diminta untuk mengidentifikasi  usia wanita terkenal tersebut  melalui wajah dengan riasan.  Britney Spears, 30, berhasil terlihat lima tahun lebih muda.

Fakta menarik lainnya Demi Moore, 50 tahun, satu-satunya wanita  yang ditebak tiga tahun lebih muda dari usia sebenarnya saat tidak mengenakan make-up sama sekali.  Namun,  dengan make-up  dia tampak lebih muda enam tahun. Responden juga ditanya tentang diri mereka sendiri, dengan 70 persen dari responden yang berusia 30-an mengatakan make-up membuat mereka terlihat lebih muda.

Dari jumlah itu, 36 persen berpikir bahwa make-up membuat mereka terlihat satu sampai tiga tahun lebih muda, sedangkan 29 persen berpikir itu bisa membuat mereka terlihat tiga sampai lima tahun lebih muda.

2 persen berpikir make-up membuat mereka terlihat sepuluh tahun dari usia sebenarnya, sementara 18 persen berpikir bisa melepas lima sampai tujuh tahun.

Survei oleh Escentual.com menunjukkan bahwa semakin tua Anda, semakin bergantung pada make-up untuk terlihat lebih muda. Hanya 60 persen dari mereka yang berusia 30 sampai 39 yang berpikir mereka tampak lebih muda dengan make-up, dibandingkan dengan 100 persen dari mereka yang berusia 60 hingga 69.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com