Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/04/2013, 11:49 WIB

KOMPAS.com - Untuk mendapatkan peampilan yang menarik, jangan hanya merawat tubuh dan wajah saja. Bagian lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah kuku tangan dan kaki. Bayangkan, apa jadinya jika wajah Anda sudah cantik, tubuh langsing, rambut indah, dan memakai pakaian trendi, namun kuku Anda kotor dan menghitam?

Memang dalam beberapa kasus, kuku yang menghitam bisa disebabkan karena masalah kesehatan dan harus ditangani oleh dokter. Namun, kuku yang menghitam juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur yang didapat dari kolam renang umum, toilet umum, atau penggunaan cat kuku yang berkualitas rendah. Jika masalah gaya hidup ini yang jadi penyebabnya, Anda bisa memutihkan kuku dengan beberapa trik sederhana.

1. Jaga kuku tetap kering
Perubahan warna kuku terutama kuku kaki disebabkan karena meningkatnya kelembaban kuku. Untuk menghindarinya, jagalah kuku Anda tetap kering. Setelah mandi, berenang, sauna, atau aktivitas lain yang membuat kaki dan tangan basah dan berkeringat, keringkan sesegera mungkin.

2. Gunakan air dan cuka
Jika kuku sudah terlanjur menghitam, cobalah merendam kuku dalam campuran air dan cuka selama setengah jam. Lakukan ini setiap hari sampai kuku kembali memutih dan bersih. Campuran air dan cuka akan menurunkan pH (kadar keasaman) dari kuku, sekaligus membunuh jamur yang bisa menggelapkan kuku.

3. Gunakan tea tree oil
Tea tree oil adalah minyak esensial yang diekstrak dari tanaman asli Australia, Melaleuca alternifolia. Minyak ini memiliki aroma yang mirip dengan minyak kayu putih. Campur tea tree oil dengan cuka dan alkohol. Kemudian teteskan campuran ini ke bagian kuku yang menghitam. Usap dan pijat sebentar agar meresap ke kulit.

4. Potong bagian kuku yang menghitam
Jika kuku yang menghitam ini ada di bagian atas, Anda bisa langsung memotongnya. Jangan merobek kuku yang hitam dengan kuku lain atau bahkan gigi. Potong kuku dengan gunting kuku yang bersih dan bergagang panjang. Dan biasakan memotong kuku setelah mandi karena kuku menjadi lebih lunak dan mudah dipotong.

5.  Bertelanjang kaki
Kondisi lembab pada kaki juga bisa disebabkan oleh kaki yang selalu tertutup dengan sepatu. Jika kondisinya memungkinkan untuk melepas sepatu dan kaus kaki, ada baiknya untuk melepasnya atau menggantinya dengan sandal. Bertelanjang kaki akan meningkatkan sirkulasi udara di sekitar kuku kaki Anda. Sirkulasi udara yang lancar akan menjaga kuku tetap kering.

6. Cuka apel
Selain bermanfaat untuk wajah, cuka apel juga bisa menghilangkan warna gelap di kuku dan meregenerasi pertumbuhan kuku baru. Rendam sepotong kapas dalam cuka apel kemudian tempelkan pada kuku yang hitam. Lakukan hal ini secara teratur setiap malam sampai warna kuku kembali memutih dan lembut. Kuku yang lembut dan lunak juga akan memudahkan Anda untuk memotongnya.

7. Gunakan kaus kaki
Jika digunakan dengan tepat, kaus kaki juga bisa membantu menyerap kelembaban kaki. Gunakan kaus kaki yang terbuat dari bahan katun, bukan yang dari bahan sintetis. Katun akan menyerap semua kelembaban di kaki sehingga mencegah pertumbuhan jamur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com