Kompas.com - 26/10/2013, 14:33 WIB
|
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Hidangan Tofu identik sekali dengan masakan Jepang. Selain memiliki kandungan gizi yang tinggi, rasa tofu yang gurih dan segar di perut pun memberikan sensasi yang berbeda.

Anda pun bisa membuat masakan Jepang berbahan dasar tofu sebagai berikut :

BAHAN :

2 kotak tahu sutera atau tofu Jepang
Tepung jagung untuk melapisi potongan tahu
Minyak (cukup untuk menggoreng tahu)
Satu gelas dashi stock atau fish stock (kaldu ikan)
2 sendok teh mirin
2 sendok teh soy sauce
Gula secukupnya
Garam secukupnya
Paruta lobak (lobak putih Jepang)
Jahe parut secukupnya
Daun Shicho, cincang menjadi bentuk strip tipis (atau bisa diganti dengan daun kemangi dan daun freshmint)
Myoga, minced (tergantung selera)
Daun bawang, cincang


Cara membuat saus :

Dalam panci kecil, panaskan dashi stock, mirin, soy sauce (kecap), gula, dan garam (secukupnya). lalu, didihkan hingga gula larut. Anda dapat mendidihkannya dalam api kecil dan diamkan selama kurang lebih satu jam untuk hasil saus yang kental.


Cara membuat tofu :

1. Tiriskn tahu atau tofu, kemudia bungkus dengan menggunakan handuk kertas dan diamkan di dalam saringan selama 30 menit untuk menghilangkan kelebihan air.

2. Potong tahu menjadi empat bagian, keringkan kembali dengan handuk kertas kemudian lumuri dengan tepung jagung (maizena). Dalam pemilihan tepung boleh menggunakan tepung roti juga, asal jangan menggunakan tepung terigu karena akan membuatnya sedikit keras.

3. Siapkan wajan penggorengan besar yang cukup untuk dimasukkan minyak goreng dengan penuh. Hati-hati ketika memasukkan potongan tahu ketika menggoreng, saat warnanya sudah berubah menjadi keemasan, angkat dan tiriskan di atas handuk kertas untuk menghilangkan kelebihan minyak.

4. Setelah selesai, taruh tahu di mangkuk. Tuang sedikit saus panas ke setiap mangkuk dan hiasi dengan lobak putih parut, sedikit jahe parut, shisho, myoga dan daun bawang secukupnya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.