Rahasia Sukses Menurunkan Jumlah Karyawan Resign hingga 50 Persen

Kompas.com - 26/01/2015, 15:05 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com -- Sebuah penelitian oleh Nicholas Bloom dan John Roberts dari Stanford University, menyatakan bahwa bekerja di rumah ternyata jauh lebih produktif  ketimbang harus bekerja di kantor. Penelitian yang berfokus pada 250 pekerja dari agen perjalanan terbesar Tiongkok, Ctrip, ini memperhatikan hasil kerja dari para pegawai Ctrip, yang mana setengah pegawainya boleh bekerja dari rumah, sedangkan setengah lagi bekerja dari kantor sebagai kelompok pengawas.

Kemudian, peneliti memperhatikan produktivitas pegawai berdasarkan hasil penjualan, kualitas interaksi dengan kostumer, dan jumlah hari sakit pada sembilan bulan bekerja. Tahapan penilaian tersebut dilakukan untuk membandingkan kinerja saat pegawai bekerja di rumah atau di kantor.

Perlu dicatat, kelompok pegawai yang teribat dalam penelitian ini bekerja dengan peralatan, memiliki manager, dan tugas yang sama. Hasilnya, produktivitas pegawai yang bekerja di rumah meningkat hingga 13 persen, ketimbang mereka yang bekerja di rumah. Alasan mengapa bekerja di rumah lebih produktif adalah kondisi yang lebih tenang membuat pegawai lebih mudah berkonsentrasi.

Hasil penelitian yang lebih mendetil mengatakan bahwa pegawai yang bekerja di rumah memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi. Kondisi ini terbilang menguntungkan perusahaan karena jumlah pegawai yang mengundurkan diri menurun hingga 50 persen.

Uniknya, hasil penelitian juga menyertakan informasi bahwa banyak pegawai yang diizinkan kerja di rumah, mengaku merindukan kantor karena merasa kesepian.

Para peneliti mengungkapkan bahwa sebaiknya perusahaan lebih fleksibel untuk mengizinkan karyawan bekerja dari rumah atau kantor, sesuai kenyamanan mereka. Hal ini tentu saja harus diiringi aturan keras mengenai hasil kerja yang mesti memuaskan.  

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X