Hindari Mengucek Mata Saat Kelilipan

Kompas.com - 07/10/2015, 09:55 WIB
Dok Prodia Ilustrasi

KOMPAS.com - Mendapati mata gatal saat terkena angin atau terkena debu, hal yang paling umum terjadi ialah sebagaian besar orang akan mulai mengucek mata mereka. Begitu juga saat mata terasa perih karena terkena cairan kimia, mengucek mata seakan menjadi cara yang ampuh untuk membuat kondisi mata kembali normal. Padahal, aktivitas yang satu ini bisa saja membuat mata tambah teriritasi.

Nici Singletary, MD, FACEP, dari American Red Cross Scientific Advisory Council menyarankan, lupakan kebiasaan turun-temurun tersebut karena bisa membahayakan kesehatan mata. Walau mengucek mata merupakan sebuah insting yang kadang muncul tanpa disadari, Anda bisa mulai mencari cara baru yang lebih aman untuk membersihkan mata. Sebab, mengucek mata malah akan membuat kotoran bergerak ke seluruh permukaan mata dan menggoresnya, sehingga potensi iritasi lebih mungkin terjadi.

Begitu juga saat ada bulu mata yang menempel di permukaan mata. Berusaha mengambilnya dengan jari merupakan langkah yang kurang tepat. Sebab, jari merupakan salah satu bagian paling kotor dari tubuh. Sehingga jari kotor sangat mungkin mentransfer bakteri penyebab infeksi pada mata. Jadi, bila mata terasa gatal karena suatu sebab, jangan segera mengucek mata. Atau bila sudah terlanjur, segera hentikan dan lakukan pembersihan yang benar.

Nici menyarankan, untuk membilas langsung mata dengan air keran atau larutan pembersih mata. Caranya, bilas mata dengan air, di mana posisi kepala sedikit dimiringkan agar kotoran lebih mudah tersapu dan tak berpindah ke mata yang lain. Lakukan hingga mata kembali normal, atau setidaknya 15 menit untuk kasus yang lebih parah seperti terkena cairan kimia.


Bila membilas dengan air atau cairan pembersih mata tak memberikan dampak berarti, mata masih saja terasa perih, dan muncul gejala iritasi, tandanya Anda perlu mendapatkan perawatan medis. Sebab, kesehatan mata merupakan hal penting yang sebaiknya tak disepelekan.

Charles McMonnies dari UNSW School of Optometry and Vision Science menambahkan, “mengucek memberikan tekanan pada mata. Tekanan yang normal tak akan memberi sebab berarti, namun tekanan yang dalam dan terjadi dalam waktu lama dapat memicu kerusakan mata, seperti rabun jauh bahkan kebutaan.”

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorBestari Kumala Dewi
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X