Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pamer Foto Saat Olahraga di Media Sosial, Anda Mungkin Kelainan Mental

Kompas.com - 16/08/2016, 19:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber Redbook

KOMPAS.com — Jika Anda berpikir ada yang salah dengan teman-teman yang hobi memasang foto sedang latihan maraton, crossfit, dan nge-gym, maka kemungkinan besar Anda benar.

Menurut studi yang digagas oleh Brunel University London, orang yang memiliki kelainan mental dan narsistik menikmati perhatian publik ketika mereka mengunggah foto menu makanan sehat dan foto sedang berolahraga di media sosial.

Periset mengoleksi data dari 555 pengguna Facebook yang bersedia menjadi responden untuk diteliti mengenai perilaku dan karakter mereka.

Studi menemukan bahwa korelasi karakter seseorang dengan perilaku mereka di media sosial biasanya memperlihatkan potensi narsistik.

Narsistik sangat terlihat pada pengguna Facebook yang hobi mengunggah foto mengenai pencapaian hidup mereka dan berharap mendapatkan pujian dari teman-teman.

Perilaku narsistik ini termasuk mereka pencinta crossfit yang rajin memamerkan foto gerakan dan latihan setiap waktu di media sosial.

“Orang-orang narsis terlalu rajin memperbarui status dan foto mengenai proses diet serta rutinitas olahraga mereka. Mereka menggunakan Facebook untuk memperlihatkan pada dunia bagaimana perubahan fisik setelah latihan,” tulis peneliti pada hasil akhir studi.

Selain itu, gangguan mental juga terlihat pada pengguna media sosial yang rajin mengunggah foto dan status mengenai sang kekasih.

Studi menuliskan bahwa orang yang demikian memiliki kepercayaan diri yang rendah dan minder dalam kehidupan sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com