Kompas.com - 12/03/2017, 13:02 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Boys will be boys merupakan peribahasa Barat yang memiliki arti sarkatik bahwa pria akan selalu bersikap kekanakan, agresif, dan kurang perhatian pada lingkungan sekitarnya.

Sikap tersebut acap kali terbawa hingga pria menikah dan membangun keluarga.

Berdasarkan survei TODAY terhadap 7.000 responden wanita menemukan, kebanyakan istri lebih stres menghadapi suami daripada anak.

“Aku selalu menjadi orang dewasa di rumah. Rasanya, suamiku dan putriku berlomba-lomba menuntut perhatian dariku,” jelas salah satu responden.

Peneliti mengukur tingkat stres ibu mulai dari satu hingga 10. Hasilnya, mayoritas responden wanita mengalami stres pada tingkat 8,5 dan 10.

Sebanyak 46 persen responden wanita mengaku stres mereka lebih tinggi mengurus keperluan suami dibandingkan mengurus anak.

“Kebanyakan ibu memahami bahwa tanggung jawab utamanya adalah mengasuh anak. Para ibu ini meminta dukungan dari pasangan untuk membantunya,” jelas Hal Runkel, penulis buku Scream Free Parenting and ScreamFree Marriage.

Dia menambahkan bahwa saat ayah ikut membantu mengurus anak, tetapi yang terjadi justru masalah baru.

“Para ayah cenderung lebih fleksibel pada anak-anak, sehingga disiplin yang diterapkan oleh ibu acap kali menjadi longgar ketika anak menghabiskan waktu bersama ayah,” urainya.

Lucunya, survei terhadap 1.500 responden pria yang telah menikah, mengungkapkan, kebanyakan ayah merasa telah turut membantu istri untuk mengurus anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Parenting

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.