Awet Muda Berkat Rajin Menari

Kompas.com - 03/04/2017, 16:31 WIB
Cuplikan J.lo dalam video musik bertajuk Dance Again ISTIMEWACuplikan J.lo dalam video musik bertajuk Dance Again
|
Editor Syafrina Syaaf

 

KOMPAS.com – Menari tidak hanya sekedar pemenuhan hobi belaka. Sebab, ternyata menari kaya manfaat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Aging Neuroscience, mengatakan bahwa menari memberikan manfaat yang baik untuk otak, dan membuat mental lebih stabil.

Usia yang terus menyebabkan terjadinya pengurangan tenaga sehingga gerakan pun melambat dan mudah lupa. 

Nah, penuaan ini bisa Anda hambat dengan aktif menari. Sebab, menurut penelitian ini, menari merupakan salah satu cara meningkatkan fungsi kognitif.

Penelitian tersebut dilakukan pada responden berusia lanjut usia. Peneliti pun kemudian membagi responden dalam kelompok-kelompok.

Seluruh kelompok diminta untuk berjalan, mengonsumsi nutrisi yang tepat, peregangan dan menari selama enam bulan.

Hasilnya, studi menunjukkan bahwa menari dapat menggabungkan keterlibatan antara fisik, kognitif, sosial, dan membantu mempertahankan kesehatan.

“Kegiatan yang melibatkan bergerak dan bersosialisasi dapat memberikan manfaat untuk otak Anda,” kata Agnieszka Burzynska, penulis utama penelitian dan seorang profesor perkembangan manusia dan ilmu saraf di Colorado State University, Fort Collins,

Studi lain, yang dipimpin oleh Albert Einstein College of Medicine di New York, dalam New England Journal of Medicine, menemukan bahwa menari juga dapat memperlambat penuaan, dan meningkatkan kecerdasan.



Sumber bustle.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X