Kompas.com - 07/04/2017, 09:03 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Alih-alih melakukan pendekatan medis yang ada saat ini untuk menilai risiko penyakit jantung seseorang, ahli jantung di UT Southwestern Medical Center mengatakan, ada lima tes gabungan yang perlu dilakukan untuk mendeteksi risiko penyakit jantung dengan lebih efektif dan akurat.

Strategi saat ini bergantung pada pengukuran tekanan darah, kolesterol, keberadaan penyakit diabetes, kondisi pradiabetes dan riwayat merokok.

“Gabungan tes ini benar-benar kuat dalam mengidentifikasi risiko tak terduga pada individu dengan beberapa faktor risiko tradisional. Mereka adalah orang-orang yang tidak akan menyadari bahwa mereka berisiko penyakit jantung dan karenanya mungkin tidak ditargetkan untuk terapi preventif,”kata Dr James de Lemos, dalam rilis beritanya.

Dalam studi mereka, yang diterbitkan dalam jurnal Circulation, para peneliti menggunakan data dari dua penelitian sebelumnya yang melibatkan hampir 9.000 subjek.

Pekerjaan mereka sebagian didanai oleh NASA, sebagai bagian dari upaya untuk merancang strategi untuk memprediksi penyakit jantung pada astronot.

Astronot bukan satu-satunya orang yang bisa mendapatkan keuntungan dari tes ini, kata para peneliti. Tes ini juga dirancang untuk publik.

Namun, tetap yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung untuk memastikan tingkat risiko Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dan inilah lima tes medis yang disarankan oleh para peneliti:

Elektrokardiogram (EKG)

EKG menyediakan informasi tentang penebalan otot jantung. Kondisi otot jantung membesar dikenal sebagai penyakit hypertrophic cardiomyopathy. Kondisi ini bisa diwariskan, atau disebabkan oleh tekanan darah tinggi, atau penuaan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.