Kompas.com - 19/04/2017, 10:05 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com – Salah satu hal penting yang terkadang luput dipersiapkan oleh para calon pengantin adalah tes kesehatan.

Dokter kandungan, dr Bramundito, SpOG, mengungkapkan pentingnya tes kesehatan sebelum menikah dalam peluncuran buku Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan di Jakarta, Kamis (13/4/2017).

“Kebanyakan kalau pasangan mau menikah biasanya (hanya) memikirkan bisa punya anak atau tidak, tetapi ada hal lain yang dilupakan. Pasangan juga harus tahu mengenai kesehatannya,” ujar dr Bram.

Melalui tes kesehatan tersebut, pasangan atau calon pengantin akan saling mengetahui penyakit yang diderita dan dapat bersama-sama mempersiapkan upaya pencegahannya.

“Pemeriksaannya luas sekali, tidak ada standar apa saja yang harus diperiksa, kebanyakan diperiksa secara umum,” jelasnya.

Namun, hal yang paling penting dalam tes kesehatan ini adalah melakukan pengambilan darah.

Dokter Bram menambahkan, pemeriksaan ini pun biasanya dilakukan secara umum untuk mengetahui apakah penyakitnya menular atau tidak, kronis atau tidak.

Lalu, untuk mengetahui apakah pasangan sehat atau tidak secara seksual, dr Bram juga sangat menyarankan untuk melakukan konsultasi kesehatan sebelum menikah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.