Para Suami, Dukunglah Istri Anda untuk Memakai Kontrasepsi

Kompas.com - 27/04/2017, 17:41 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kontrasepsi sering dipandang sebagai urusan kaum perempuan saja. Padahal, pada akhirnya metode kontrasepsi yang dipilih tersebut untuk kepentingan keluarga juga.

Dukungan para suami untuk pasangannya dalam ber-KB, sangat penting. Apalagi proses kehamilan, persalinan, dan mengasuh anak bukanlah proses yang mudah. Oleh karenanya, setiap kehamilan seharusnya memiliki perencanaan.

"Suami sering tidak sadar bahwa metode KB yang akan dipilih akan digunakan untuk berdua juga," kata Aditya A.Putra, GM Family Planning & Reproductive Health DKT Indonesia.

Ia mengatakan, ada banyak cara dukungan yang bisa diberikan suami, namun yang paling penting adalah ikut mencari informasi mengenai metode KB yang ada.

"Istri memang bisa saja berkonsultasi dengan bidan atau dokter, tetapi suami juga perlu tahu dan peduli sehingga bisa memberi masukan," kata Aditya.

Apa pun tujuan pakai kontrasepsi, menunda, menjarangkan kehamilan, atau tidak ingin hamil lagi, ada berbagai metode yang bisa dipilih sesuai tujuan dan juga riwayat kesehatan.

"Suami jangan hanya terserah-terserah saja, tapi juga memberi informasi yang tepat sehingga istri lebih mantap memakai kontrasepsi," ujarnya.

Pemakaian kontrasepsi merupakan bagian dari perencanaan keluarga yang ideal. "Banyak manfaat dari merencanakan keluarga, antara lain hubungan suami istri lebih harmonis, ibu yang mengasuh dan mendidik anak juga akan lebih maksimal, serta masih memiliki waktu berkualitas untuk dirinya," katanya.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X