Kompas.com - 03/05/2017, 16:00 WIB
Ilustrasi shutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com -  Setiap tahapan tumbuh kembang anak penting untuk mendapat perhatian orangtua, terlebih saat anak berusia 0-3 tahun. Di usia ini biasanya bisa dikenali adanya gangguan tumbuh kembang seperti autisme. 

Menurut dr. Eva Suryani Sp.KJ, autisme sudah bisa didiagnosis pada anak dengan rentang usia 0-3 tahun. “Sebelum tiga tahun sudah bisa didiagnosis. Beda dengan ADHD (gangguan pemusatan perhatian dan perilaku) yang (baru bisa didiagnosis di) usia sekolah sekitar 6-7 tahun,” kata Eva kepada Kompas.com di Tanamera, Jakarta Selatan, Rabu (3/5/2017).

Setidaknya ada tiga tanda-tanda penting untuk mendeteksi autisme. Pertama adalah kesulitan bahasa (bicara), interaksi sosial dan melakukan gerakan terbatas serta pengulangan. 

Anak yang memiliki gangguan autisme biasanya tidak merespon ketika namanya dipanggil, lebih suka menyendiri, tidak suka dipeluk, tidak ada kontak mata, serta sering melakukan gerakan berulang-ulang. 

 

Kendati demikian, menurut Eva, masih ada penderita autisme yang didiagnosis di luar rentang usia tersebut. Diagnosis yang terbilang terlambat itu dinilai karena beberapa faktor, seperti keterbatasan informasi hingga harga pelayanan kesehatan.

Di sisi lain, Eva mengingatkan bahwa diagnosis autisme anak sejak dini bisa bermanfaat bagi para orangtua. “Sebenarnya kalau kita bisa kenali sejak dini, penanganannya juga bisa lebih awal,” ujar dokter dari RS Siloam Karawaci Tangerang ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.