Ini Cara Merawat Jeans Kesayangan

Kompas.com - 18/05/2017, 18:41 WIB
ilustrasi Jeans foto76ilustrasi Jeans
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap orang pasti memiliki jeans kesayangan, yang membuat dirinya merasa keren saat mengenakannya. Jeans tersebut kadang dipakai hingga belel, lusuh, atau robek-robek. Bahkan banyak yang berangapan makin belel makin oke.

Tapi tahukah Anda cara merawat jeans kesayangan itu agar awet dan tidak mudah rusak? Menurut Country Marketing Head PT Levi Strauss Indonesia, Adhita Idris, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga jeans tetap bagus dan nyaman dipakai.

Jangan sering dicuci

Jeans aslinya adalah pakaian kerja yang banyak dipakai di pantai barat Amerika saat terjadi demam emas. Pakaian ini dirancang agar kuat dan tidak memerlukan banyak perawatan. Artinya jeans tidak perlu sering dicuci (wash less).

“Pencucian dilakukan bila benar-benar kotor saja. Jadi tidak seperti celana kain yang habis dipakai lalu dicuci,” ujar Adhita di Jakarta, Selasa (16/5/2017).

Ada beberapa orang yang mencucinya setelah pemakaian selama sebulan. Namun menurut label perawatan Levi’s, jeans sebaiknya dicuci paling cepat setelah 10 kali pemakaian untuk mempertahankan fit.

Jika ada noda kecil, cukup hapus menggunakan kain basah atau sikat gigi yang diberi sabun lembut. Cara ini mudah dan sederhana tetapi membuat jeans tetap bagus.

Cuci dengan air dingin

Bila sudah waktunya dicuci, pakailah air dingin (wash cold) dan sabun lembut untuk mencuci jeans Anda. Air dingin menjaga warnanya tetap asli dan menghindarkan dari pemudaran dan penyusutan. Metode ini sekaligus menghemat energi karena kita tidak perlu menyiapkan air panas.

Vichai Cuci jeans dengan sabun lembut dan air dingin
Selain itu, jeans lebih baik dicuci dengan tangan daripada menggunakan mesin cuci dalam posisi dibalik, bagian dalam di luar. Kita juga tidak perlu menggunakan sikat penggosok atau  merendamnya terlalu lama, 30 menit saja. Cukup basahi, kucek sebentar di bagian yang kotor, lalu bilas.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X