Kompas.com - 19/05/2017, 18:29 WIB
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi tua itu pasti, namun menjalankan masa tua dengan kondisi badan sehat atau sakit-sakitan adalah sebuah pilihan.

Berpikir bahwa umur sudah diatur oleh sang pencipta adalah suatu hal yang wajar, namun alangkah lebih bijak jika kita juga mempersiapkan masa tua sedini mungkin untuk bisa menikmatinya di kemudian hari.

Tentu kita tidak menginginkan anak cucu kita terbebani mengurus orang tua yang sakit-sakitan. Meskipun, sudah menjadi kewajiban bagi anak untuk merawat dan menyayangi orang tua yang sudah mulai renta untuk menikmati sisa-sisa hidupnya.

Prof.Dr.dr.Siti Setiati, SpPD-KGer, M.Epid, FINASIM berbagi tips agar kita bisa menikmati masa tua dengan kondisi badan yang sehat. "Kita tinggal pilih, mau menikmati usia lanjut dengan kondisi sehat atau usia lanjut yang sakit-sakitan," kata Prof Atiek begitu sapaan akrabnya di Jakarta, Jumat (19/5/2017).

ViktorCap Menjadi tua dan tetap sehat
Tips pertama, berusaha lah mengatur berat badan untuk tidak terlalu gemuk atau tidak terlalu kurus.

Tips kedua, mulailah mengatur pola makan agar seimbang. Perbanyak makan sayur-sayuran, buah-buahan atau makanan-makanan yang tanpa bahan pengawet atau perasa buatan.

Tips ketiga, mulailah mengembangkan hobi. Jika Anda hobi memasak, menjahit, nyanyi, dansa atau sebagainya maka lanjutkanlah. Karena hobi yang dijalani dengan hati akan mengurangi tingkat stres.

Tips keempat, setiap bangun tidur di pagi hari, disarankan untuk menggerakan badan dengan cara berolahraga kecil selama 30 menit yang rutin dilakukan 5 kali dalam seminggu.

Tips kelima, yang tak kalah pentingnya adalah tingkatkan iman dan taqwa. Berprasangka buruk terhadap orang lain hanya akan memperburuk suasana hati. Maka dari itu disarankan untuk selalu berfikiran positif dalam setiap menghadapi suatu keadaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.