Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/05/2017, 06:07 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Memperkenalkan buku pada sejak dini akan membangun kebiasaan baik dalam mengembangkan pengetahuan dan mencari sumber informasi terpercaya.

Melatih anak usia dini membaca buku juga menjadi langkah tepat agar anak siap dalam belajar membaca ketika kelak memasuki sekolah.

Selain itu, kebiasaan membaca buku juga bermanfaat untuk membuat anak kaya kosa kata. Harapannya, anak pun jadi pandai dalam menulis dan membaca menggunakan bahasa yang baik.

Menurut studi University of Sussex membacakan buku juga bermanfaat untuk orangtua. Studi mengungkapkan, orangtua menjadi lebih penuh perhatian dan penyayang.

Studi ini fokus pada sesi membaca yang dihadiri oleh 24 responden ibu dari Inggris yang memiliki anak usia tujuh hingga sembilan tahun.

Peneliti membagi responden menjadi dua kelompok, membaca buku konvensional dan membaca buku elektronik (ebook).

Hal yang diperhatikan oleh peneliti adalah interaksi orangtua dan anak serta kemampuan anak dalam mendokumentasikan material buku yang mereka baca.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa efek membaca buku berfisik dan buku elektronik memberikan manfaat baik yang sama untuk anak-anak.

Namun, studi menemukan, orangtua dan anak yang membaca buku fisik memiliki hubungan lebih hangat dan tidak ragu menunjukkan rasa saling menyayangi, ketimbang pasangan orangtua anak yang membaca buku elektronik.

Nicola Yuill, seorang dosen senior yang terlibat dalam studi tersebut, mengatakan pasangan orangtua anak yang membaca buku fisik terlihat lebih terbuka dalam berkomunikasi dan mengekspresikan rasa kasih sayang.

Hal tersebut tidak terlalu terlihat pada pasangan orangtua anak yang berada dalam kelompok membaca buku elektronik.

Yuill pun menyimpulkan bahwa manfaat membaca buku bersama dengan juga memberikan manfaat positif untuk orangtua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber bustle.com

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.