Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/05/2017, 08:35 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Agar anak semangat menjalani puasa sebulan penuh, banyak orangtua yang menjanjikan hadiah berupa materi. Pada dasarnya sah-sah saja menawarkan hadiah agar anak bersemangat, namun jangan terus menerus.

Psikolog Roslina Verauli mengatakan. bila pemberian hadiah materi sebagai penyemangat dilakukan sesekali, maka tak jadi masalah.

“Kalau setiap puasa begitu, anak akan menganggap bahwa setiap aksinya (puasanya) berbayar dan bukan sosial,” kata Vera di acara Bebelac “Juara Hebat Kebaikan” di Jakarta Pusat, Senin (22/5/2017).

Padahal, aktivitas berpuasa sejatinya bukan bertujuan untuk mendapatkan hadiah, melainkan ibadah.

Vera mengatakan, ketimbang memberi materi, hadiah yang bisa diberikan adalah berupa ucapan penyemangat. Dia mencontohkan agar orangtua mengucapkan selamat seperti ‘good job atau you are good’ atas pencapaian anak untuk berpuasa satu bulan penuh.

Ucapan semacam itu merupakan penghayatan dan bagian dari penguatan ke diri anak, sehingga anak merasa kompeten.

“Ingat, kalau dia merasa kompeten, itu bagian dari kecerdasan emosional, dia merasa mampu. itu beda dikasih hadiah dibandingkan ucapan goodjob,” kata dia.

Selain itu, Vera mengatakan tujuan anak berpuasa untuk mengendalikan diri, yang tak lain sebagai regulasi emosi. Bagi anak, regulasi emosi itu penting karena berdampak pada kecerdasan emosional dan sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com