Kompas.com - 30/05/2017, 11:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Barang-barang pre-loved atau barang bekas berkualitas semakin diminati. Di era digital ini, kita pun tak perlu ribet mendatangi pasar barang bekas untuk mendapatkan barang bermerek pre-loved dengan harga miring, cukup membuka aplikasi di ponsel, kegiatan jual beli barang pre-loved pun lancar dilakukan.

Salah satu aplikasi jual beli barang pre-loved yang sedang populer adalah Carousell Indonesia. Aplikasi yang dilahirkan di Singapura pada 2012 ini kini telah merambah pasar Indonesia.  Berdasarkan data Carousell, tercatat lebih dari 120 barang terdaftar setiap menitnya untuk siap dijual secara online. Selain itu, lebih dari 27 transaksi terjadi setiap menitnya.

Kezia Debora, Marketing Partnership Carousell Indonesia berbagi tips kepada Kompas Lifestyle untuk melakukan jual beli barang pre-loved.

Pertama, download aplikasi Carousell. Menurut Kezia, aplikasi ini gratis dan tidak dikenakan fee atau tarif transaksi penjual pembeli.

Kedua, pastikan barang yang akan dijual dengan kondisi yang baik. Nominal atau harga barang tidak ditentukan, sehingga pemilik akun bisa dengan leluasa menjual jenis barang apa pun selama tak melanggar hukum, seperti obat-obatan terlarang.

Ketiga, disarankan agar foto yang diunggah ke akun Carousell dengan kondisi pencahayaan yang bagus sehingga tampilan produk menarik perhatian.

Keempat, lampirkan beberapa pilihan produk. Tujuannya agar para calon pembeli bisa memiliki banyak ragam pilihan dan akun Anda pun berpotensi untuk diikuti oleh akun lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kelima, lakukan respon cepat. Jika ada yang bertanya terkait kondisi barang ataupun harga, sebisa mungkin direspon dengan cepat.

"Di Carousell transaksi paling cepat itu dari mulai upload sampai proses menawar pernah tembus di waktu 28 detik. Begitu akun tersebut memunculkan barang yang ditawarkannya, 28 detik kemudian ada yang nawar," tutur Kezia.

Saat ini, produk-produk yang tengah digemari para pengunjung Carousell adalah produk-produk fashion pria dan wanita seperti pakaian, lalu ada juga kategori health and beauty, serta elektronik (gadget).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.