Kompas.com - 14/07/2017, 09:34 WIB
Darbotz dengan sepatu DC Shoes yang dihiasi karyanya KOMPAS.com/Iwan SupriatnaDarbotz dengan sepatu DC Shoes yang dihiasi karyanya
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum menciptakan produk terbaru, DC Shoes pusat yang berada di Amerika Serikat biasanya meminta perwakilannya di beberapa negara untuk memunculkan ide-ide kreatif dari para seniman di negara asalnya.

Dengan adanya kebiasaan tersebut, DC Shoes Indonesia lantas mencari ide-ide kreatif dari para seniman yang ada di Indonesia. Singkat cerita, dalam pencarian itu DC Shoes menemukan desain unik yang ditampilkan di sebuah hotel di Jakarta Pusat.

Mereka pun lantas menanyakan siapa orang yang menggarap mural atau menggambar hotel tersebut. Pihak hotel pun lalu memberikan satu nama yang singkat: Darbotz.

Bagi Anda yang belum kenal Darbotz, dia adalah seniman mural tanah air yang dikenal luas dengan semprotan mural "Cumi Kong" nya. Nama Darbotz dikenal di kalangan seniman mural atau street art yang suka menggambari tembok-tembok kosong.

Darbotz, seniman muralKOMPAS.com/Iwan Supriatna Darbotz, seniman mural
Pihak DC Shoes pun lantas menghubungi Darbotz untuk menawarkan kerja sama. Karena Darbotz adalah pecinta skateboard, dan DC Shoes memproduksi sepatu-sepatu skate, kecocokan keduanya pun akhirnya membawa kerjasama yang menghasilkan sebuah produk.

"DC sangat senang saat Darbotz terbuka terhadap kolaborasi global dengan kami, sehingga bersama-sama kami bisa mengenalkan street arts Indonesia ke pasar di seluruh dunia," kata DC Shoes Indonesia Marketing Manager, Yusar Odang di Jakarta.

Baca: Begini Progres Pembuatan Mural Kalijodo yang Hampir Rampung

Menurut Yusar Odang atau akrab disapa Dede, awalnya desain yang mengangkat konsep "Keep Em Dirty" hanya akan diproduksi dan dipasarkan di Indonesia saja. Konsep "Keep Em Dirty" ini adalah sebuah slogan yang dibuat untuk menggambarkan suasana kota-kota besar, yang sebersih apapun pasti akan tetap ada sisi kotornya.

Tetapi ketika dipersentasikan ke DC Shoes pusat di AS, ternyata mereka menyambut positif desain tersebut.

"Kolaborasi dengan DC Shoes ini jadi sebuah kesempatan yang membanggakan karena berkesempatan membawa nama Indonesia secara global." tutur Darbotz.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.