Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/11/2017, 17:43 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Rinaldy A Yunardi membuktikan diri sebagai desainer aksesoris kelas dunia dengan menyabet tiga penghargaan bergengsi di kompetisi desain dunia, World of WearableArt (WOW), Wellington, Selandia Baru pada akhir September 2017. Bagian menarik dari karya Rinaldy adalah bahwa ia memakai bahan tali rafia.

"Berkarya tidak harus mengggunakan bahan mahal. Bahan baku apa yang saya temukan bisa diolah, saya lakukan," kata Rinaldy saat konferensi pers di Kembang Goela, Jakarta, Selasa (7/11/2017).

Penggunaan tali rafia dianggap cocok lantaran ringan dan sesuai dengan ide busananya. Rinaldy mengatakan ini kali kedua karyanya menggunakan tali rafia. Menurutnya, tali rafia kini lebih keras sehingga mudah dibentuk. Berbeda dengan tekstur tali rafia jaman dulu yang lembut dan sulit dikreasikan.

Baca juga : Inilah Karya Rinaldy, Juara Kompetisi Desain Dunia

Encapsulate, koleksi dari desainer aksesoris kenamaan, Rinaldy A Yunardi yang memenangkan tiga penghargaan di ajang World of WearableArt (WOW), Wellington, Selandia Baru pada akhir September 2017.KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Encapsulate, koleksi dari desainer aksesoris kenamaan, Rinaldy A Yunardi yang memenangkan tiga penghargaan di ajang World of WearableArt (WOW), Wellington, Selandia Baru pada akhir September 2017.
Adapun tali rafia itu dipotong dan disusun sesuai desain yang membuat karyanya cantik dan menawan. Selain itu, dia juga menggunakan kawat nyamuk dan pelapis kayu untuk penopang tali rafia.

"Saya dasarnya suka eksperimen, apa pun kalau ketemu bahan ringan, saya gunakan. Kali ini saya mengeskplorasi tali rafia," katanya.

Rinaldy meraih tiga penghargaan dari dua karya yang diikutsertakan. Penghargaan pertama dari karyanya yang dinamakan Cosmos--meraih juara pertama untuk kategori Avant-Garde yang memenangkan Section Award untuk karyanya, Cosmos.

Dua penghargaan lain untuk karyanya, Encapsulate--yakni juara pertama kategori Open yang memenangkan Section Award dan juara umum yang memenangkan The Supreme WOW Award.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com