Busana Kelas Dunia yang Berasal dari Tali Rafia

Kompas.com - 07/11/2017, 17:43 WIB
Desainer aksesoris kenamaan, Rinaldy A Yunardi di depan koleksinya, Encapsulate dan Cosmos yang memenangkan tiga penghargaan di ajang World of WearableArt (WOW), Wellington, Selandia Baru pada akhir September 2017. KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYADesainer aksesoris kenamaan, Rinaldy A Yunardi di depan koleksinya, Encapsulate dan Cosmos yang memenangkan tiga penghargaan di ajang World of WearableArt (WOW), Wellington, Selandia Baru pada akhir September 2017.
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Rinaldy A Yunardi membuktikan diri sebagai desainer aksesoris kelas dunia dengan menyabet tiga penghargaan bergengsi di kompetisi desain dunia, World of WearableArt (WOW), Wellington, Selandia Baru pada akhir September 2017. Bagian menarik dari karya Rinaldy adalah bahwa ia memakai bahan tali rafia.

"Berkarya tidak harus mengggunakan bahan mahal. Bahan baku apa yang saya temukan bisa diolah, saya lakukan," kata Rinaldy saat konferensi pers di Kembang Goela, Jakarta, Selasa (7/11/2017).

Penggunaan tali rafia dianggap cocok lantaran ringan dan sesuai dengan ide busananya. Rinaldy mengatakan ini kali kedua karyanya menggunakan tali rafia. Menurutnya, tali rafia kini lebih keras sehingga mudah dibentuk. Berbeda dengan tekstur tali rafia jaman dulu yang lembut dan sulit dikreasikan.

Baca juga : Inilah Karya Rinaldy, Juara Kompetisi Desain Dunia

Encapsulate, koleksi dari desainer aksesoris kenamaan, Rinaldy A Yunardi yang memenangkan tiga penghargaan di ajang World of WearableArt (WOW), Wellington, Selandia Baru pada akhir September 2017.KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Encapsulate, koleksi dari desainer aksesoris kenamaan, Rinaldy A Yunardi yang memenangkan tiga penghargaan di ajang World of WearableArt (WOW), Wellington, Selandia Baru pada akhir September 2017.
Adapun tali rafia itu dipotong dan disusun sesuai desain yang membuat karyanya cantik dan menawan. Selain itu, dia juga menggunakan kawat nyamuk dan pelapis kayu untuk penopang tali rafia.

"Saya dasarnya suka eksperimen, apa pun kalau ketemu bahan ringan, saya gunakan. Kali ini saya mengeskplorasi tali rafia," katanya.

Rinaldy meraih tiga penghargaan dari dua karya yang diikutsertakan. Penghargaan pertama dari karyanya yang dinamakan Cosmos--meraih juara pertama untuk kategori Avant-Garde yang memenangkan Section Award untuk karyanya, Cosmos.

Dua penghargaan lain untuk karyanya, Encapsulate--yakni juara pertama kategori Open yang memenangkan Section Award dan juara umum yang memenangkan The Supreme WOW Award.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X