Kompas.com - 14/11/2017, 12:09 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Nama "Charlotte" mungkin terdengar manis dan seperti nama seorang princess. Namun, nama yang indah tersebut ternyata tidak diterima di semua tempat.

Di Portugal, para orangtua bahkan dilarang menggunakan nama itu untuk anak-anaknya. Selain itu, nama lain yang dilarang adalah yang "berbau Inggris" seperti Emily, William, dan Michael.

Portugal bukan satu-satunya negara yang melarang nama tertentu. Denmark, Islandia, Hungaria, dan juga Arab Saudi, juga memiliki konvensi nama yang tidak disarankan.

Alasan pelarangan nama itu bermacam-macam, ada yang karena arti namanya tidak seusai dengan kearifan lokal, atau pun berhubungan dengan agama. Ada juga alasan nama-nama yang terdengar konyol bisa membuat anak-anak kelak menjadi korban bullying. Ingat, nama adalah doa.

Ketahui apa saja nama-nama yang dilarang di beberapa negara.

1. Cathrine
Nama anak perempuan ini dilarang di Portugal karena dianggap sebagai versi nama agama Anglikan. Sebagai gantinya, Cathrine diubah menjadi Caterina. Otoritas negara ini bahkan membuat aturan setebal 83 halaman yang memuat daftar nama yang dilarang dan versi penggantinya.

2. Peter
Denmark adalah negara lain di Eropa yang secara khusus membuat aturan penamaan bayi. Negara ini lebih memilih penggunaan nama yang sesuai dengan budaya dan bahasa setempat. Orangtua bisa melihat ribuan nama apa saja yang sudah disetujui pemerintah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Sarah
Komite penamaan bayi di Islandia tidak memasukkan nama Sarah dalam daftar nama yang disetujui. Namun, para orangtua bisa mengajukan usulan nama kepada pemerintah dengan mengisi form khusus agar nama itu bisa masuk dalam daftar.

4. Linda
Pada tahun 2014, pemerintah Arab Saudi mengeluarkan daftar 51 nama yang dilarang karena dianggap tidak sesuai dengan "tradisi sosial". Nama yang diperbolehkan biasanya yang berbau agama, sedangkan nama yang terdengar "asing" seperti Linda, dilarang.

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

5. George
Sepertinya nama-nama anak Pangeran William dan Kate dilarang di Portulgal, dan juga nama William sendiri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.