11 Nama Bayi yang Dilarang di Beberapa Negara - Kompas.com

11 Nama Bayi yang Dilarang di Beberapa Negara

Kompas.com - 14/11/2017, 12:09 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

KOMPAS.com - Nama "Charlotte" mungkin terdengar manis dan seperti nama seorang princess. Namun, nama yang indah tersebut ternyata tidak diterima di semua tempat.

Di Portugal, para orangtua bahkan dilarang menggunakan nama itu untuk anak-anaknya. Selain itu, nama lain yang dilarang adalah yang "berbau Inggris" seperti Emily, William, dan Michael.

Portugal bukan satu-satunya negara yang melarang nama tertentu. Denmark, Islandia, Hungaria, dan juga Arab Saudi, juga memiliki konvensi nama yang tidak disarankan.

Alasan pelarangan nama itu bermacam-macam, ada yang karena arti namanya tidak seusai dengan kearifan lokal, atau pun berhubungan dengan agama. Ada juga alasan nama-nama yang terdengar konyol bisa membuat anak-anak kelak menjadi korban bullying. Ingat, nama adalah doa.

Ketahui apa saja nama-nama yang dilarang di beberapa negara.

1. Cathrine
Nama anak perempuan ini dilarang di Portugal karena dianggap sebagai versi nama agama Anglikan. Sebagai gantinya, Cathrine diubah menjadi Caterina. Otoritas negara ini bahkan membuat aturan setebal 83 halaman yang memuat daftar nama yang dilarang dan versi penggantinya.

2. Peter
Denmark adalah negara lain di Eropa yang secara khusus membuat aturan penamaan bayi. Negara ini lebih memilih penggunaan nama yang sesuai dengan budaya dan bahasa setempat. Orangtua bisa melihat ribuan nama apa saja yang sudah disetujui pemerintah.

3. Sarah
Komite penamaan bayi di Islandia tidak memasukkan nama Sarah dalam daftar nama yang disetujui. Namun, para orangtua bisa mengajukan usulan nama kepada pemerintah dengan mengisi form khusus agar nama itu bisa masuk dalam daftar.

4. Linda
Pada tahun 2014, pemerintah Arab Saudi mengeluarkan daftar 51 nama yang dilarang karena dianggap tidak sesuai dengan "tradisi sosial". Nama yang diperbolehkan biasanya yang berbau agama, sedangkan nama yang terdengar "asing" seperti Linda, dilarang.

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

5. George
Sepertinya nama-nama anak Pangeran William dan Kate dilarang di Portulgal, dan juga nama William sendiri.

6. Harriet
Nama "Inggris" ini juga dilarang dipergunakan di Islandia karena memiliki arti "penggaris rumah".

7. John
Ini adalah nama bayi laki-laki paling populer di Amerika Serikat. Tetapi, otoritas Denmark melarang orangtua di negaranya menggunakan nama ini.

8. Stephen
Negara Hungaria juga memiliki aturan daftar nama yang diizinkan. Nama yang sesuai dengan lidah lokal lebih disarankan. Karena itu nama Stephen yang khas Inggris di Hungaria diubah menjadi Stefan.

9. Thomas
Tom dan Thomas juga nama bayi laki-laki yang dilarang di Portugal.

10. Maya
Orangtua di Arab Saudi dilarang menamai bayi perempuan mereka dengan nama ini.

11. Lucifer
Di Jerman, orangtua yang ingin menamai bayi mereka Lucifer dilarang oleh pengadilan walau pemerintah belum mengeluarkan larangan secara resmi. Nama Lucifer ini juga dilarang digunakan di Selandia Baru.


EditorLusia Kus Anna
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X