5 Trik Supaya Bisa Tidur Nyenyak di Pesawat - Kompas.com

5 Trik Supaya Bisa Tidur Nyenyak di Pesawat

Kompas.com - 14/11/2017, 16:30 WIB
Ilustrasi tidur di pesawatkasto80 Ilustrasi tidur di pesawat

KOMPAS.com - Apakah Anda tipe orang yang gampang tidur di pesawat? Kalau iya, beruntunglah Anda. Masalahnya, banyak orang yang susah sekali untuk tidur dalam perjalanan udara. Ini bisa karena pencahayaan di pesawat terlalu terang, suara di sekitar terlalu berisik, suhu udara yang terlalu dingin, dan berbagai alasan lainnya.

Padahal, tidur di pesawat sangat bermanfaat untuk mengembalikan energi yang hilang, terutama dalam penerbangan panjang. Selain itu, tidur sejenak juga bisa membantu mencegah jet lag. Lalu bagaimana caranya agar bisa tidur nyenyak di pesawat? Simak tips-tips berikut ini.

1. Pilih tempat duduk

Pilihan tempat duduk ternyata juga bisa memengaruhi kualitas tidur di pesawat. Karena itu,  perlu menentukan apakah Anda biasa tidur di sisi kiri atau kanan tempat tidur saat di rumah. Jika Anda tidur di sisi kanan, pilihlah tempat duduk yang berada di sisi kanan pesawat. Sedangkan jika Anda tidur di sisi kiri, pilih tempat duduk di sisi kiri pesawat.

Ilustrasi kabin penumpang di pesawat terbang.Shutterstock/Al Arabiya Ilustrasi kabin penumpang di pesawat terbang.
Selain itu, Anda bisa memilih tempat duduk di dekat jendela. Secara umum, tempat duduk di jendela sangat ideal karena memiliki lebih banyak ruang untuk tidur.

Baca juga : 7 Fitur Tersembunyi di Pesawat yang Tidak Anda Duga

2. Hindari alkohol dan kafein

Alkohol dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh atau soda, dapat membuat terjaga selama penerbangan dan lebih sulit untuk beristirahat. Karena itu, Anda perlu menahan diri untuk tidak minum alkohol atau kopi sebelum atau saat penerbangan. Sebagai gantinya, minumlah air hangat, teh herbal, atau susu hangat sebelum atau saat di pesawat.

Baca juga : Apa yang Diperhatikan Pramugari Saat Anda Naik Pesawat?

3. Ngemil sebelum penerbangan

Untuk mengisi perut tanpa risiko gangguan pencernaan atau dehidrasi, Anda bisa mengonsumsi makanan atau minuman ringan seperti yogurt, jus, smoothie, kacang-kacangan, dan buah-buahan.

Selain itu, sebaiknya minum banyak air sebelum dan selama penerbangan agar cairan dalam tubuh senantiasa seimbang. Makan atau minum sebelum penerbangan juga bisa mencegah rasa lapar di tengah penerbangan, yang bisa mengganggu tidur.

Baca juga : 10 Hal yang Dialami Tubuh Saat Naik Pesawat

4. Hindari melihat layar terang

Ilustrasi tidur di pesawatMeinzahn Ilustrasi tidur di pesawat
Untuk memudahkan tidur di pesawat, hindarilah melmandang layar terang seperti handphone, tablet, laptop, atau layar di depan Anda. Cahaya terang dari laptop atau layar televisi bisa menyulitkan otak untuk tidur.

Baca juga : Main Gawai Sebelum Tidur Bikin Kantuk Sulit Datang

5. Bawa perlengkapan

Anda perlu mencari tahu penyebab sulit tidur di pesawat. Beberapa orang sulit tidur karena posisi leher yang kurang nyaman, telinga berdenging, kedinginan, atau hal lainnya.

Karena itu, siapkan perlengkapan yang bisa mengurangi ketidaknyamanan tersebut. Misalnya dengan membawa bantal leher, penutup mata untuk tidur, penyumbat telinga, dan kaos kaki yang hangat.

Baca juga : 9 Cara Mudah untuk Tidur Lebih Nyenyak


PenulisWisnubrata
EditorWisnubrata
Sumber
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X