Kompas.com - 24/01/2018, 11:34 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Mencukur bulu di wajah ternyata bukan dominasi para pria. Para wanita juga terkadang melakukannya untuk menyingkirkan bulu-bulu halus di wajahnya. Dunia kecantikan memang menganggap bulu halus tersebut menganggu penampilan.

Walau bisa membuat kulit terlihat lebih mulus, tetapi ada kekhawatiran jika kita sering mencukur bulu halus tersebut. Salah satunya adalah mitos bulu halus akan tumbuh lebih lebat dan lebih tebal.

Pendapat tersebut dibantah Dr.Debbie Palmer, pendiri Dermatology Association of New York. "Bulu halus tidak akan tumbuh lebih tebal atau lebat. Mencukur tidak akan mengubah jumlah folikel rambut di kulit atau kecepatannya tumbuh," ujarnya.

Bulu yang lebih tebal merupakan ilusi yang dihasilkan dari pisau cukur memotong bagian bulu paling tebal.

"Paparan polutan, zat kimia, dan juga sinar matahari, serta ukuran bulu halus bisa membuat bulu jadi terlihat lebih hitam dan tebal. Padahal tidak ada yang berubah saat bulu itu tumbuh lagi," kata Amy McMichael, ahli dermatologi.

Faktanya, mencukur bulu halus secara rutin bisa mengurangi pertumbuhannya karena "trauma berulang".

Proses pencukuran bisa menggunakan pisau cukur manual atau pun otomatis. Yang terpenting adalah perawatan sebelum dan sesudahnya.

Para ahli kecantikan merekomendasikan untuk mencuci muka dengan krim pembersih muka sebelum mencukur dan menggunakan toner atau antiseptik setelahnya.

"Tunggulah sekitar satu jam sebelum memakai foundation, pelembab, atau pun make up yang tidak diformulasikan untuk kulit sensitif, agar tidak iritasi," kata make up artist Kari Bauce.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.