Mungkinkah Bill Gates Menjadi Triliuner Pertama di Dunia?

Kompas.com - 24/01/2018, 14:21 WIB
Bill Gates membuat daftar 5 buku terbaik yang ia baca selama 2016. Bill GatesBill Gates membuat daftar 5 buku terbaik yang ia baca selama 2016.
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Kekayaan Bill Gates mungkin masih kurang 915,6 miliar dollar AS (sekitar 12 ribu miliar rupiah) untuk menjadi triliuner pertama di dunia ini - dalam mata uang dollar AS. Namun riset menyebutkan, jarak itu tak sejauh yang kita bayangkan.

Laporan Oxfam terbaru yang berjudul 'An economy for the 99%' menemukan orang-orang super kaya seperti Bill Gates, ternyata memiliki kekayaan yang tumbuh secara kolektif dengan pertumbuhan yang sangat besar selama dekade terakhir.

Dalam 25 tahun ke depan, kekayaan Bill Gates bisa melonjak tajam di luar bayangan kita.

Menurut laporan Oxfam, pada tahun 2009 ada 793 milyarder di seluruh dunia dengan kekayaan total mencapai 2,4 triliun dollar AS.

Pada 2016, 793 orang terkaya dunia memiliki kekayaan total sebesar 5 triliun dollar AS. Artinya ada pertumbuhan tahunan sebesar 11 persen.

Jika pertumbuhan semacam ini terus berlanjut, sangat mungkin kita bisa melihat triliuner pertama di dunia dalam waktu 25 tahun.

Dengan kata lain, Oxfam memperkirakan bahwa jika tren terus berlanjut, Gates yang merupakan orang terkaya di dunia menurut Forbes dengan kekayaan senilai 84,4 miliar dollar AS, dapat menjadi triliuner.

Baca :Aktivitas Liburan yang Dilakukan Orang Sukses

Sejak meninggalkan Microsoft di tahun 2006, Gates mencurahkan waktu dan sumber dayanya untuk membantu pemberantasan penyakit menular dan memperbaiki pendidikan di seluruh dunia melalui Bill and Melinda Gates Foundation.

Bekerja sama dengan Warren Buffett, Bill Gates dan istrinya telah membuat komitmen bersama miliarder lain yang ingin membantu orang lain dengan membagi sebagian dari kekayaan yang dimiliki.

Gates juga mengatakan bahwa mereka tidak berencana meninggalkan harta untuk anak-anak mereka. Dia lebih memilih memberi anak-anaknya pekerjaan.

Seperti yang dicatat Oxfam, uang bukan lagi masalah bagi orang super kaya. Uang mereka tidak akan habis untuk belanja.

Pada tahun 2013, Gates menyumbang setidaknya 28 miliar dollar AS ke Gates Foundation. Kecuali pria 61 tahun itu menyumbangkan sebagian besar kekayaannya di tahun-tahun mendatang, maka dia bisa menjadi triliuner di usia 86 tahun.

Baca juga : Bill Gates Lunasi Utang Nigeria ke Jepang Rp 950 Miliar



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X