Kompas.com - 01/03/2018, 08:58 WIB
Ilustrasi kecanduan gawai bowie15Ilustrasi kecanduan gawai

KOMPAS.com - Smartphone menawarkan cara mudah bagi orang untuk terhubung dengan orang yang mereka cintai. Namun, perangkat canggih ini juga bisa menjadi "jebakan" sendiri bagi kita dan orang yang kita cintai.

Bukan ide bagus untuk menggunakan perangkat mobile ini saat makan bersama keluarga dan teman. Sebuah riset terbaru telah membuktikannya.

Hasil riset mengungkapkan bahwa orang-orang yang menggunakan perangkat mobile saat bersantap, kurang bisa menikmati makanan, waktu, dan suasana daripada mereka yang menjauhkan gadget mereka saat makan malam.

Para periset dari University of British Columbia yang dipimpin oleh Ryan Dwyer, telah meneliti efek smartphone pada interaksi sosial secara tatap muka.

Riset tersebut melibatkan lebih dari 300 orang saat makan malam bersama teman dan keluarga di sebuah restoran.

Setelah makan, para peserta ditanya beberapa pertanyaan, termasuk seberapa banyak mereka menikmati pengalaman tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Periset menemukan bahwa mereka yang terlalu sibuk dengan telepon saat makan merasa tidak menikmati pertemuan dan ini mengurangi kesenangan mereka saat menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga mereka.

Berdasarkan penuturan para peneliti, dalam dunia nyata, periset menemukan bahwa orang lebih sedikit berinteraksi dengan teman atau menikmati makanan gara-gara sibuk main ponsel.

Periset juga menemukan bahwa mereka yang sibuk dengan telepon saat makan dilaporkan merasa sedikit bosan saat makan. Fakta ini berada di luar dugaan para periset.

"Kami tadinya menduga bahwa orang bisa menghilangkan kebosanan dengan smartphone mereka, karena mereka bisa menghibur diri jika tak ada percakapan. Namun ternyata itu keliru," kata Dwyer.

Halaman:


Sumber Techtimes
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.