Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detil Rencana Persalinan Anak Ketiga Pangeran William

Kompas.com - 01/04/2018, 19:25 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Kelahiran anggota kerajaan Inggris memang bukan peristiwa biasa, termasuk tata caranya. Mulai dari suite persalinan di rumah sakit, pengamanan, sampai jadwal rinci persalinan.

Anak ketiga Pangeran William dan Kate Middleton yang diperkirakan lahir pada tanggal 23 April atau sekitar minggu ketiga April 2018 juga sudah dipersiapkan sedemikian rupa.

Duches of Cambridge akan melahirkan di Lindo Wing St.Mary's Hospital di Paddington, London, sama seperti ketika ia melahirkan Pangeran George dan Putri Charlotte.

Kamar Royal Suite di St.Mary's itu memiliki tarif sekitar 9.650 dollar AS perhari, dan kamar yang dipesan Kate dan William itu sudah dipersiapkan sejak pertengahan bulan Maret ini.

"Pihak keamanan secara teratur memeriksa kamar itu, lalu setelah selesai langsung menguncinya dengan segel khusus. Ini adalah operasi keamanan tingkat tinggi. Bahkan bagian atas ruangan juga diperiksa," kata sebuah sumber seperti dikutip Insider.

Walau pengamanan yang diterima Kate sama seperti ketika ia melahirkan kedua anaknya, tetap saja persiapan secara detil sudah disiapkan.

"Setiap hal dipersiapkan sampai detil terkecil," kata sumber yang dikutip oleh Us Weekly.

Di Istana Kensington, tempat Pangeran William dan keluarganya tinggal, sudah ada "baby team" yang antara lain terdiri dari ibu Middleton, Carole, untuk memastikan setiap hal siap, mulai dari pengamanan, rumah sakit, sampai media.

Keluarga Duke of Cambridge (Pangeran William) dan keluarga tiba di Hamburg, Jerman, pada 21 Juli 2017. Istana Kensington mengumumkan bahwa Duchess of Cambridge (Kate Middleto) sedang mengandung anak ketiga.AFP PHOTO / Patrik STOLLARZ Keluarga Duke of Cambridge (Pangeran William) dan keluarga tiba di Hamburg, Jerman, pada 21 Juli 2017. Istana Kensington mengumumkan bahwa Duchess of Cambridge (Kate Middleto) sedang mengandung anak ketiga.
Saat tiba waktunya bagi Kate untuk melahirkan, ia dan Pangeran William akan naik mobil langsung dari istana ke bagian persalinan di rumah sakit St.Mary's yang berjarak sekitar 3 kilometer, dan memberitahu rumah sakit sebelum mereka tiba.

Rumah sakit akan melakukan persiapan segalanya dalam 5 menit. Persiapan memang sangat sempit untuk mencegah gangguan. Karena sudah dipersiapkan, pihak rumah sakit memang sudah siap menangani Kate dalam waktu singkat.

Untuk si kakak, Pangeran George dan Putri Charlotte, sang nenek Carole Middleton, akan menjaganya di istana selama orangtua mereka di rumah sakit.

Akhirnya, ketiga anak ketiga itu lahir, sesuai tradisi akan dibuat surat resmi yang mengumumkan tanggal dan waktu kelahiran, jenis kelamin, dan beratnya. Pengumuman itu akan dipasang di luar Istana Buckingham.

Setelah kelahiran si bayi, proses pemulihan sang ibu juga akan diharapkan berjalan cepat. Pada umumnya ibu akan pulang pada hari yang sama atau keesokan pagi. Selanjutnya istirahat akan dilanjutkan di istana.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com