Kompas.com - 11/04/2018, 22:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Senayan City kembali menggelar ajang mode tahunannya yang bertajuk "Fashion Nation". Pada tahun ke-12 ini, Fashion Nation membawa tema "Next is Now".

Leasing & Marketing Communications Director Senayan City, Halina mengatakan, Fashion Nation 2018 semakin menegaskan dukungan terhadap desainer lokal, dan juga perkembangan mode yang dinilai sangat positif.

"Kami lihat perkembangan dunia fesyen bagus sekali. Dari semua koleksi desainer yang memang ready to wear, up to date dan cocok dengan tema kami," ujar Halina dalam konferensi pers, di Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Salah satu yang menjadi highlight pada Fashion Nation 2018 adalah instalasi mode kolaborasi dengan Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) yang bertajuk 'Indigo'.

Baca juga: Motif Leopard Kembali Jadi Tren Fesyen

Aida Nurmala CEO Studio One (fashion event organizer Fashion Nation) menjelaskan, indigo adalah teknik pewarnaan alam dan nama tumbuhan, Indigofera tinctoria, yang dijadikan bahan dasar pewarnaan biru yang natural.

Semua koleksi busana yang dipamerkan pada instalasi indigo pun berwarna biru.

Instalasi mode diisi oleh busana rancangan sederet nama desainer terkenal, seperti Chossy Latu, Ghea Panggabean, Mel Ahyar, Carmanita, Didi Budiardjo, dan lainnya yang berjumlah 14 desainer.

"Semua desainer memakai bahan yang menggunakan teknik pewarnaan indigo dan semuanya warnanya biru," ujar Aida.

Indigo dianggap sebagai warisan dan budaya Indonesia yang telah banyak digunakan sebagai teknik pewarnaan busana, dan akan terus dilestarikan seiring dengan perkembangan mode Indonesia.

"Indigo dianggap sebagai tema herritage yang ingin diangkat kembali," kata dia.

Baca juga: Hati-hati Modifikasi Kain Adat untuk Fesyen, Ada Aturannya

Fashion Nation 2018 akan berlangsung pada 11-22 April 2018 dan diikuti oleh sejumlah desainer ternama Tanah Air.

Pada malam pembuka, misalnya, akan ditampilkan koleksi busana dari Mel Ahyar, Proyo Oktaviano dan Tri Handoko.

Beberapa desainer dan label busana ternama lainnya yang juga akan memamerkan karya busananya di atas runway, di antaranya Auguste Soesastro, Populo Batik, Purana dan Rama Dauhan, dan Iwan Tirta Private Collection.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.