Makan Lumpia Semarang Dianjurkan Pakai Bawang, Kenapa?

Kompas.com - 22/04/2018, 09:00 WIB
Lumpia Gang Lombok, lumpia tertua di kota Semarang. KOMPAS.com/Nabilla TashandraLumpia Gang Lombok, lumpia tertua di kota Semarang.

SEMARANG, KOMPAS.com - Lumpia merupakan salah satu jajanan yang banyak ditemui di setiap sudut jalan di Semarang karena merupakan 'signature' alias ciri khas ibu kota Jawa Tengah itu.

Menyantap lumpia, jangan lupa pula mengkonsumsi bawang. Apa alasannya?

"Dianjurkan ketika mengkonsumsi lumpia, bawang juga dikonsumsi," ujar Prof. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD pada acara Jelajah Gizi 2018, Sabtu (21/4/2018).

Bawang seringkali dijadikan isian lumpia atau sekadar menjadi "teman" sajian lumpia.

Pada piring sajian Lumpia Gang Lombok, misalnya, Kompas Lifestyle melihat dua helai bawang daun di piring serta potongan bawang putih yang ditaburkan di atas sausnya.

Baca juga: Ini Dia Lumpia Tertua di Semarang...

Menurut Ahmad, bawang sangat penting sebagi antioksidan. Terlebih jika dimakan bersama lumpia yang digoreng.

Bawang putih secara khusus dinilai baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, pernafasan dan mencegah jantung koroner.

Dalam bawang juga mengandung senyawa yang sangat baik untuk memperlancar metabolisme tubuh. Apalagi jika kita turut mengkonsumsi selada yang ada pada sajian lumpia tersebut.

Lumpia, menurut dia, adalah makanan yang memiliki kandungan nutrisi cukup lengkap.

Misalnya, kandungan protein yang berkisar 3,43 gram dalam setiap sajian lumpia, kandungan karbohidrat dari kulit lumpia, klsium, fosfor, zat besi, hingga vitamin C.

"Memang lumpia termasuk makanan agak lengkap. Ada protein, lemak, energi. Mengandung sekitar 130 kalori energi," kata Ahmad.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X