Serunya Ngobrol Soal Kecantikan Bareng Beauty Influencer 'Bubz' - Kompas.com

Serunya Ngobrol Soal Kecantikan Bareng Beauty Influencer 'Bubz'

Kompas.com - 15/05/2018, 16:00 WIB
Logo YouTube.Reska K. Nistanto/Kompas.com Logo YouTube.

JAKARTA, KOMPAS.com - Beauty influencer kini menjadi sosok yang penting dalam industri kecantikan. Walau banyak generasi milenial yang ingin menjadi seorang beauty influencer, namun sesungguhnya menekuni karir ini tidak mudah.

Hal itu juga diungkapkan beauty influencer asal Inggris, Lindy Tsang atau yang lebih dikenal dengan nama 'Bubz' dan channel YouTube-nya, bubzbeauty.

Yuk, simak wawancara singkat KOMPAS Lifestyle bersama Bubz, mulai dari karir sebagai beauty vlogger hingga arti 'cantik' menurutnya.

Q: Boleh ceritain awal karir menjadi beauty vlogger?

Aku mulai saat lulus universitas di UK, waktu itu krisis ekonomi dan susah banget cari kerja. Aku melalui waktu yang sulit waktu itu. Belum banyak juga YouTubers yang ada. Karena banyak waktu senggang, aku mulai bereksplorasi dengan make up dan menonton video. Sekarang sudah 11 tahun, bahkan mungkin lebih.. *tertawa*.

Q: Jadi, mulainya tahun berapa, tuh?

Channel-ku 2007. Sudah lama banget, ya.

Beauty Influencer asal UK, Lindy Tsang atau yang lebih dikenal dengan nama Bubz, saat ditemui di peluncuran Summer Beauty House, Jalam Bumi No 20, Jakarta Selatan, Sabtu (12/5/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Beauty Influencer asal UK, Lindy Tsang atau yang lebih dikenal dengan nama Bubz, saat ditemui di peluncuran Summer Beauty House, Jalam Bumi No 20, Jakarta Selatan, Sabtu (12/5/2018).
Q: Apa yang bikin kamu cinta banget dengan makeup?

Aku berpikir ini luar biasa, contohnya produk bibir. Bisa bikin kita merasa lebih 'bold', buatku make up artist ini fun. Tapi tugasku juga untuk saling memberdayakan perempuan. Untuk cantik, tidak hanya dengan make up tapi juga kecantikan dari dalam.

Q: Inspirasi ber-make up dari mana, sih?

Subscriberku membantu dan bertanya juga, aku dapat dari banyak orang yang aku temui. Aku banyak dapat inspirasi dari K-beauty (Korean beauty). Aku suka tampilan make up minimalistik. Kita enggak harus selalu melakukan apa yang sedang "in", tapi lakukan apa yang tepat dengan wajahmu. Kadang, beberapa tren make up tidak cocok untuk sekelompok orang tapi hanya tepat untuk sekelompok lainnya. Yang terpenting, kita melakukan apa yang sesuai untuk diri kita sendiri. Banyak tutorial YouTube di luar sana, tapi kita semua punya bentuk mata yang berbeda, wajah yang berbeda.

Q: Apa sih tantangan terberat selama jadi beauty vlogger?

Hm...aku rasa saat aku mulai, aku baru banget lulus universitas. Lalu aku punya dua anak. Tantangannya adalah mencari waktu untuk melakukan eksplorasi make up.

Q: Boleh mention, tiga produk make up apa yang enggak bisa kamu ditinggalin?

Alis, bibir adalah yang terpenting. Bibir, soalnya bibirku pucat banget jadi aku perlu warna. Dan concealer. Karena yaa kita sekarang susah untuk bisa tidur banyak. Jadi, concealer, pensil alis and tinted lip balm.

Q: Ada tips make up buat kami-kami? Termasuk kalau mau jadi beauty vlogger sukses?

Dalam konteks make up, tidak semua tren makeup cocok buat semua orang. Jadi lakukan apa yang cocok untuk diri kamu. Contohnya, contouring. Banyak orang melakukan contouring wajah, di bagian-bagian tertentu. Tapi bentuk-bentuk wajah orang kan berbeda.

Jadi, ber-make up lah sesuai dengan apa yang cocok dengan wajahmu, itu hal terpenting. Dan untuk karir YouTube, nikmati saja pengalamannya. Karena saat ini sangat kompetitif dan semua orang ingin jadi yang terbaik.

Nikmati berada dalam komunitas, kamu harus bermuka tebal. Jangan mudah kesal saat meniti karir ini. Komentar-komentar di YouTube kadang enggak selalu bagus. Kita enggak bisa membuat semua orang mencintai kita tapi itu enggak masalah.

Q: Katanya mau launching buku yaa? (A Beautiful Mind, A Beautiful Life: The Bubz Guide to Being Unstoppable)

Ya! Sudah launching tapi untuk launching global akan dilakukan Juni.

Q: Boleh ceritakan tentang bukumu?

Banyak hal luar biasa dari channelku. Banyak yang selalu menyukai video-videoku, mereka yang menonton videoku sudah seperti saudara untukku. Jadi aku ingin ini untuk mereka semua. Aku mau ajak mereka semua bereksplorasi dengan kecantikan dari dalam dan untuk memiliki hidup yang baik harus memiliki pikiran yang baik juga. Itu enggak akan kita dapatkan kalau pikiran kita enggak positif.

Q: Ada pesan buat perempuan di seluruh dunia agar percaya diri dan merasa cantik apa adanya?

Ini topik yang sangat luas karena banyak sekali aspeknya. Tapi kita semua tidak harus membandingkan diri kita dengan yang lain, karena semua orang diciptakan berbeda.

Media sosial menyebarkan persepsi kecantikan tertentu. Tapi kita tidak bisa mengukur kecantikan. Tidak hanya dari garis-garis wajah, ukuran pakaian, wajah yang glowing. Kecantikan tidak bisa diukur dengan angka, tapi pengetahuan dan kecerdasan bisa.


Komentar
Close Ads X