Kompas.com - 21/05/2018, 12:16 WIB

KOMPAS.com - Bagi para fans sejati, terkadang mereka rela mengeluarkan uang hingga ratusan juta untuk sepatu atau barang-barang olahraga langka milik atlet idola mereka.

Dan kini, ada sebuah lelang yang berhasil menjual jersey Michael Jordan yang dipakainya saat bermain bagi Washington Wizards dengan harga 47.872 dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 680 juta. Angka yang fantastis sekaligus tak masuk akal, bukan?

Dikutip dari Sole Collector, penjualan tersebut dilakukan lewat Goldin Auctions.

Jersey yang berhasil dibeli itu adalah peninggalan Jordan yang pernah dipakai sang legenda NBA sekaligus tertera tanda tangan.

Lalu, apa yang memotivasi orang membeli jersey ini dibandingkan jersey dengan titel game-used (pernah digunakan) lain yang terpampang di situs penjualan online?

Pendiri Goldin Auctions, Ken Goldin, mengatakan kepada The Washington Post ada detail yang membuat jersey khusus ini lebih diinginkan daripada jersey dengan titel game-used lainnya.

Jersey tersebut setara dengan kelas unik dan langka karena sesuai dengan foto yang menampilkan Jordan menggunakan jersey tersebut.

Dengan kata lain, daripada hanya disebut-sebut pernah digunakan Jordan, jersey ini memiliki bukti fotografi kuat kalau pernah digunakan dan kapan tepatnya. 

Menurut temuan Resolution Photomatching, jersey tersebut digunakan Jordan saat pertandingan kandang melawan Memphis Grizzlies pada 18 Desember 2002.

Kiri, Jordan saat memakai jerseynya dan kanan, jersey yang dijualImage via MeiGray, PSA/DNA, JSA & Resolution Photomatching Kiri, Jordan saat memakai jerseynya dan kanan, jersey yang dijual

Setelah dibandingkan, detil antara jersey fisik dan bukti foto sangat presisi. Sebut saja jarak antara logo NBA dan tulisa D pada Wizards.

Lalu ada jarak antara logo bola basket dengan tulisan Wizards. Kemudian jarak antara tulisan Wizards dengan nomor 23 Jordan di bawahnya.

Meskipun penjualan ini cukup fantastis, namun bukan harga yang tertinggi, karena jersey Jordan saat di Bulls pada 1997-98 NBA dijual dengan harga 105.565 dollar AS atau Rp 1,5 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.