Icha Irawan, Berbagi Resep karena Rindu Masakan Indonesia - Kompas.com

Icha Irawan, Berbagi Resep karena Rindu Masakan Indonesia

Kompas.com - 06/07/2018, 11:11 WIB
Foto Icha Irawan bersama kedua anaknya.doc. Icha Irawan Foto Icha Irawan bersama kedua anaknya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu pengguna Instagram, Icha Irawan, melalui akunnya, @icha.irawan, kerap berbagi resep masakan Indonesia.

Resep-resep yang dibagikannya kerap menjadi rujukan dan dipraktikkan para pengikutnya yang kini mencapai lebih dari 119.000.

Dari Sidney, Australia, tempat bermukim, Icha berbagi resep-resep itu. Berawal dari kerinduannya akan masakan Indonesia...

Kepada Kompas.com beberapa waktu lalu, Icha berbagi cerita. 

Resep yang dibagikan oleh Icha sangat beragam, mulai dari olahan ikan, tempe, mi, kepiting, donat, minuman-minuman segar, dan sebagainya.

Resep yang ia bagikan sebagian besar adalah makanan-makanan khas Indonesia.

Unggahan foto masakannya terlihat begitu lezat dan menarik, dan mendapatkan respons positif.

Salah satu postingan hasil makanan Icha Irawan di Instagram.doc. Icha Irawan Salah satu postingan hasil makanan Icha Irawan di Instagram.

Berawal karena rindu jajanan Indonesia

Ibu dua anak kelahiran Bontang, Kalimantan Timur ini mempunyai hobi memasak sejak kecil.

Hobi memasaknya semakin berkembang setelah ia menetap di Sidney pada 2013 hingga kini.

Inspirasi jenis masakannya muncul karena merindukan masakan Indonesia.

"Hampir sebagian inspirasi saya itu berdasarkan kerinduan saya akan jajanan-jajanan khas di Indonesia. Dari situ saya mengingat kembali rasanya dan bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalam makanan tersebut. Saya pun selalu mencari-mencari inspirasi cara membuat/menyajikannya supaya persis mirip dari berbagai sumber Youtube atau Google. Lalu semua itu saya aplikasikan ke dalam masakan saya sampai semua detilnya," kata Icha kepada Kompas.com, Selasa (3/7/2018).

Selain itu, ia terinspirasi oleh ayah dan ibu mertuanya.

"Almarhum ayah saya adalah inspirasi terbesar saya juga. Karena Beliau pecinta kuliner. Dari kecil saya selalu diajak ke tempat makanan-makanan unik yang enak-enak yang tempatnya dari ujung ke ujung Jakarta. Beliau juga bisa masak. Satu lagi inspirasi memasak saya adalah ibu mertua saya, dari Beliau lah saya banyak belajar mengolah makanan dan menyajikan dengan benar dan enak," ujar Icha.

Memulai di Instagram

Awalnya, Icha hanya ingin mendokumentasikan foto masakan sehari-sehari yang dibuatnya.

Pertama kali, ia membagikan resep donat simpel dan empuk pada 2015.

 

Malam semuanyaa... Hari ini Saya lagi semangat2nya didapur. Tadi pagi udah lama gak bikin donat, akhirnya hri ini kesampaian bikin. Mau cerita sedikit ttg Si Donat ini yg saya beri nama Donat Empuk Momychaa. Pertama kali share foto dan resep donat itu di tahun 2015. Ingat bgt saat itu follower saya cm 400an orang. Ketika hari itu posting donat besok pagi nya kagett liat followers tembus 2K. Inilah awalnyaa Foto2 makanan Saya mulai dikenal orang. Resep donat ini pun sudah saya utak atik dr saya SMA, dlunya asal bgt gak pakai takaran main coba2 smua bahan saya beli yg kemasan Sachet main cemplung2. Awalnya kaya batu kerass hihii. Tapi karena Saya sukaa bgt sama donat dri TK. Saya kekeh coba trus dan coba trus. Akhirnya sampailah tercipta resep saya yg skr ini (bukan modifikasi resep orang lain). Rasanya sudah pas dgn resep ini gampang mudah dan cepat kalisnya. Banyak jg ibu2 bahkan adek2 yg masih kuliah dan SMA, laporan kesaya klo mereka sukses jualan donat dgn resep ini. Ada yg sampai bilang bisa melanjutkan sekolahnya. Alhamdulillah, terharuu sekali???? Ayo ibu- ibu yg ada didalam rumah jgn kecil hati jgn pernah berpikir klo sudah berumah tangga/ sudah punya anak lalu bakat kita akan terpendam. Itu salah besar. Dijaman skr ini bakat apapun bisa kita kembangkan menjadi bermanfaat buat diri sendiri maupun orang banyak. Ps : Resep ada di hashtag yaa #donatempukmomychaa Love Momychaa???? #dapurmomychaa #donatempukmomychaa

A post shared by ????Dapur Momychaa???? (@icha.irawan) on Jun 20, 2018 at 3:37am PDT

Sejak itu, followers-nya semakin bertambah dan masakannya semakin dikenal banyak orang.

"Awalnya saya tidak pernah menyangka akan diikuti oleh banyak ibu-ibu di Instagram. Mulanya saya hanya mendokumentasikan foto masakan saya keseharian. Lama kelamaan followers makin bertambah dan mereka hampir semua selalu meminta resep menu yang saya masak," kata dia.

Dari respons positif tersebut, Icha semakin semangat untuk membagikan resep-resep masakannya.

Ia ingin membantu ibu-ibu muda yang baru belajar memasak atau orang Indonesia yang tinggal di luar negeri agar bisa memasak masakan Indonesia dan mengobati rasa kerinduan akan Tanah Air.

Icha merasa senang ketika ada followers yang mencoba resepnya, kemudian membagikannya di Instagram dan men-tag akun pribadinya.

"Saya merasa sangat senang dan bahagia setiap hari ada puluhan ibu-ibu bahkan pelajar-pelajar remaja yang mengirim foto-foto masakannya di rumah yang berhasil menggunakan resep saya. Mendengar cerita mereka tidak jarang membuat saya sangat terharu," ujar Icha.

Membuka peluang bisnis orang lain

Selain membantu para ibu di rumah yang ingin menyajikan masakan lezat untuk keluarga, ia mengatakan, ada pula yang akhirnya berbisnis dengan memasarkan donat yang dibuat dari resepnya.


"Banyak dari mereka (followers) yang sukses berjualan dengan resep saya. Sampai ada 1 mahasiswi yang bilang bahwa dia bisa melanjutkan kuliahnya dengan berjualan donat resep saya bersama ibunya. Saya enggak menyangka ternyata apa yang saya bagikan di Instagram saya bukan sesuatu hal yang kecil, tapi sangat berdampak besar untuk orang lain bahkan untuk keluarga/rumah tangga lain," kata Icha.

Saat ini, Icha sedang menyelesaikan proses pembuatan buku resep hasil masakannya.

Kompas TV Acara tahunan yang berlangsung selama satu bulan penuh itu pun menjadi ajang pelestarian kuliner khas Banjar.

Komentar
Close Ads X