BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Realme

Lebih dari Menghibur, Ini Dia Manfaat Positif Menonton Film

Kompas.com - 23/10/2018, 11:04 WIB
Ilustrasi Menonton Film SHUTTERSTOCKIlustrasi Menonton Film

KOMPAS.com – Suatu hari, Aruna mendapat tugas dari kantornya untuk menginvetigasi laporan kasus flu burung yang terjadi di empat kota di Indonesia. Sebagai salah satu ahli wabah di kantornya, Aruna tidak dapat menolak tugas tersebut.

Di hari keberangkatan, Aruna tidak pergi sendiri. Turut serta Bono, sang sahabat yang juga seorang koki profesional. Tentunya Bono tidak akan meneliti wabah seperti Aruna. Sebaliknya, ia ingin menemukan inspirasi kuliner baru untuk restorannya.

Perjalanan pun dimulai dari Kota Surabaya. Lalu, kawan mereka Nad bergabung dalam perjalanan tersebut. Di saat yang sama, mereka juga bertemu mantan rekan satu kantor Aruna bernama Farish. Dari situlah petualangan keempatnya dalam mengungkap kasus flu burung hingga menjelajahi kekayaan kuliner Indonesia bermula.

Itulah sekilas cerita dari film “Aruna dan Lidahnya” yang tayang di bioskop baru-baru ini. Film karya sutradara Edwin ini merupakan adaptasi lepas dari novel berjudul sama karya Laksmi Pamuntjak. “Aruna dan Lidahya” sukses menghibur dan membuat penonton terbawa dalam cerita yang ringan dan akrab dengan kehidupan sehari-hari.

Film-film seperti Aruna dan Lidahnya sering kali dijadikan salah satu sarana rekreasi dan hiburan semata bagi para penontonnya. Lebih dari itu, menonton film ternyata juga punya banyak manfaat positif yang mungkin tidak disadari.

Berikut beberapa manfaat positif film yang sudah Kompas.com rangkum untuk Anda.

Belajar hal baru

Melalui sebuah film banyak hal-hal baru yang dapat dipelajari. Film dapat menambah pengetahuan tentang budaya, mempelajari sejarah suatu negara, mengenal tokoh-tokoh penting. Ketika menonton film luar negeri Anda juga bisa sambil mempelajari bahasa asing.

Pengusir stres

Menonton film bisa digunakan sebagai sarana pengusir stres yang melanda karena pekerjaan sehari-hari. Entah itu menonton film bersama teman-teman di bioskop atau menonton film sendiri di rumah. Apapun genre-nya dan selama bisa menikmatinya, film dapat menjadi pengusir stres dan menyegarkan pikiran.

Baik untuk kesehatan otak

Bagi yang gemar menonton film horor, ternyata genre film satu ini baik untuk kesehatan otak. Dilansir dari hellosehat.com menonton film memungkinkan otak untuk melepas senyawa kimia seperti dopamin, serotonin, dan glutamat.

Film horor juga dapat memicu pelepasan adrenalin yang punya efek mirip anestesi dari obat. Hal ini baik untuk kesehatan mental karena mampu menurunkan tingkat stres serta kecemasan.

Ilustrasi menonton film dengan smartphoneSHUTTERSTOCK Ilustrasi menonton film dengan smartphone

Terapi film

Siapa sangka ternyata film bisa menjadi salah satu terapi bagi penderita depresi, gangguan mood, dan sebagainya. Gary Solomon, Ph.D, psikolog dari College of Southern Nevada mengungkapkan bahwa menonton film memiliki manfaat terapi (cinematherapy) bagi penontonnya.

Menurut Gary, saat menonton film sendiri di rumah, seseorang bisa menangis, berteriak, hingga merenung tanpa mengkhawatirkan opini dan penilaian orang lain. Film juga memungkinkan penontonnya untuk tenggelam dalam cerita, menjadi satu dengan tokoh, hingga memperoleh pesan yang terselip dalam cerita. Hal ini bisa membantu proses terapi dan memperoleh inspirasi positif untuk perkembangan diri.

Kesadaran sosial

Banyak film yang menjadikan isu sosial sebagai ide ceritanya. Ada yang dikemas dengan cerita yang ringan, ada juga isu sosial yang dikemas dengan lebih berat dan serius dalam sebuah film. Misalnya, ‘The Pursuit of Happyness’ yang mengangkat tema perjuangan hidup atau film ‘The Day After Tomorrow’ yang bercerita tentang perubahan iklim.

Dengan menonton film-film bertema isu sosial tersebut penonton bisa menjadi lebih peka dan menyadari isu-isu sosial di sekitarnya. Film dapat membantu menyampaikan pesan penting kepada masyarakat dengan cara yang menghibur dan menyenangkan.

Saat ini, jika ingin menonton film tidak harus jauh-jauh mengunjungi bioskop. Sudah banyak website menonton film secara legal yang bisa diakses. Jadi, Anda bisa menikmati film favorit di rumah sambil bersantai.

Buat yang hobi menonton film di rumah, bisa menggunakan laptop atau smartphone. Kalau lebih memilih dengan menggunakan smartphone, layar besar serta kualitas gambar yang baik bisa menunjang aktivitas menonton film.

Realme 2 Pro memiliki layar sebesar 6,3 inchi dengan poni dewdrop serta resolusi full HD+ Dok. Realme Indonesia Realme 2 Pro memiliki layar sebesar 6,3 inchi dengan poni dewdrop serta resolusi full HD+

Jenis smartphone dengan spesifikasi itu salah satunya ada pada Realme 2 Pro. Smartphone teranyar dari Realme ini memiliki layar sebesar 6,3 inchi dengan poni berdesain dewdrop serta resolusi full HD+. Layar bezel-less semakin menambah kesan lega dan dapat memaksimalkan pengalaman menonton film.

Dengan spesifikasi seperti itu, dijamin pengalaman menonton film lewat smartphone tidak akan mengecewakan. Melihat banyaknya manfaat yang bisa didapatkan, Anda tidak perlu ragu lagi untuk menjadikan menonton film sebagai salah satu hobi.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.