Depresi dan Insomnia? Cobalah Berendam dengan Air Hangat...

Kompas.com - 08/11/2018, 16:16 WIB
Sebenarnya, baik mandi air panas dan air dingin sama-sama berkhasiat bagi kesehatan. MyImages_MichaSebenarnya, baik mandi air panas dan air dingin sama-sama berkhasiat bagi kesehatan.

KOMPAS.com - Berendam dalam air hangat usai seharian bekerja memang terbukti ampuh atasi rasa lelah.

Ternyata, ada manfaat lain dari aktivitas yang membuat rileks ini. Menurut riset, mandi air hangat secara teratur ampuh atasi depresi dan insomnia.

Bahkan, manfaat mandi air hangat disebut lebih ampuh daripada olahraga. Mandi air hangat memang tidak mengobati insomnia dan depresi secara keseluruhan.

Namun, cara mudah dan murah ini mengurangi gejala kondisi tersebut.

Riset dilakukan oleh peneliti dari University of Freiburg, Jerman, dengan menganalisis 45 orang yang mengalami depresi.

Dalam riset ini, peserta dibagi menjadi dua kelompok, di mana salah satu kelompok diminta untuk mandi dengan air bersuhu 40 derajat Celsius selama setengah jam.

Sementara itu, kelompok kedua diminta untuk berolahraga aerobik dengan durasi 40 hingga 45 menit sebanyak dua kali dalam seminggu.

Riset ini dilakukan selama delapan minggu. Untuk mengetahui hasilnya, peneliti memeriksa suasana hati peserta dengan 'skala depresi'.

Hasilnya, peserta yang mandi air hangat setiap hari memiliki rata-rata pengurangan depresi sebanyak enam poin diandingkan sebelum penelitian dimulai.

Sementara itu, mereka yang melakukan aerobik selama dua kali seminggu memiliki pengurangan depresi sebanyak tiga poin.

Baca juga: Tak Perlu Obat Tidur, Ini Cara Mudah Atasi Insomnia

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber DMarge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X