Mengapa Putri Charlotte Jarang Tampil Pakai Celana Panjang - Kompas.com

Mengapa Putri Charlotte Jarang Tampil Pakai Celana Panjang

Kompas.com - 11/01/2019, 17:00 WIB
Putri Charlotte (kanan) melambaikan tangan pada media saat berjalan bersama saudara lelakinya, Pangeran George (kiri) dan ayah mereka, Pangeran William, saat hendak mengunjungi anak ketiga William dan Kate Middleton di Rumah Sakit St Mary, London, Senin (23/4/2018) waktu setempat. Anak ketiga tersebut merupakan pemegang kelima tahta Kerajaan Inggris setelah Pangeran Charles, William, George dan Putri Charlotte.AFP PHOTO/DANIEL LEAL-OLIVAS Putri Charlotte (kanan) melambaikan tangan pada media saat berjalan bersama saudara lelakinya, Pangeran George (kiri) dan ayah mereka, Pangeran William, saat hendak mengunjungi anak ketiga William dan Kate Middleton di Rumah Sakit St Mary, London, Senin (23/4/2018) waktu setempat. Anak ketiga tersebut merupakan pemegang kelima tahta Kerajaan Inggris setelah Pangeran Charles, William, George dan Putri Charlotte.

KOMPAS.com - Sebagai keluarga bangsawan, tentu Kate Middleton memiliki pola asuh yang berbeda dari para ibu lain. Salah satunya soal busana. Kerajaan Inggris terkenal memiliki aturan tersendiri, khususnya bagi perempuan.

Putri Charlotte, anak perempuan Kate dan Pangeran William, yang baru berusia 3 tahun tak pernah terlihat memakai celana saat tampil di hadapan publik. Padahal, banyak anak gadis seusianya yang memakai legging atau celana pendek yang memang nyaman untuk berlarian.

Selama ini, The Duchess of Cambridge hanya terlihat mendandani putrinya dengan gaun. Apakah ini bagian dari aturan kerajaan?

Menurut salah satu pakar kerajaan, ini bukan bagian dari aturan kerajaan. Bisa jadi, anak kedua Kate dan William ini memakainya saat tak berada di hadapan publik.

Pakar kerajaan Inggris dan Eropa, Marlene Koenig mengatakan, tidak ada aturan mengenai pemakaian celana bagi anggota kerajaan wanita.

"Jika Kate mengenakan gaun di depan umum dan Charlotte bersamanya, kemungkinan besar Charlotte, pada usia ini akan mengenakan gaun," katanya.

Dalam potret formal atau saat tampil di balkon untuk Trooping of the Color pun, kata Marlene, Putri Charlotte juga akan memakai busana yang sama dengan ibunya.

"Saya berpikir ketika anak-anak di rumah, bermain di kamar atau di halaman belakang, mereka mengenakan lebih banyak pakaian kasual," paparnya.

Meskipun tidak ada larangan pemakaian celana, nampaknya ini hal tradisional bagi anak perempuan kerajaan untuk mengenakan gaun.

Marlene juga mengatakan, ketika kita melihat foto-foto wanita kerajaan saat masih muda - dari Princess Anne hingga Charlotte, kita akan melihat mereka sering mengenakan gaun saat tampil dihadapan publik bersama orangtuanya.

Baca juga: Anggota Keluarga Kerajaan Inggris Tersibuk Selama 2018

Namun, Pangeran George mengenakan celana panjang pada kartu Natal tahunan keluarga. Ini merupakan bentuk pelanggaran aturan kerajaan.

Menurut pakar etiket William Hanson, mendandani anak lelaki muda dengan celana pendek sangat mencerminkan karakter warga Inggris.

Ia juga mengatakan, pemakaian celana panjang untuk pria di segala usia adalah hal biasa di negara Inggris.

Tapi, memekai celana pendek untuk anak-anak adalah penanda tersembunyi yang menunjukan tingkat kelas sosial.

Baca juga: Alasan Pangeran George Selalu Pakai Celana Pendek


Terkini Lainnya


Close Ads X