Ajakan Baik KFC agar Konsumen Beberes Setelah Makan Malah Tuai Polemik

Kompas.com - 16/01/2019, 12:49 WIB
KFC ajak masyarakat untuk membudayakan kebiasaan beberes makan setelah selesai makan.KFC Indonesia KFC ajak masyarakat untuk membudayakan kebiasaan beberes makan setelah selesai makan.

KOMPAS.com - Salah satu restoran makanan cepat saji asal Amerika Serikat, Kentucky Fried Chicken atau KFC, belum lama ini mengampanyekan mengenai budaya beberes setelah makan.

Awalnya, ajakan ini diunggah oleh akun Facebook KFC Indonesia yang meminta kepada konsumen untuk membersihkan meja setelah selesai makan.

Post ini diunggah KFC Indonesia pada Minggu (13/1/2019). Sontak, post ini pun ramai dibicarakan di Facebook hingga mendapatkan 1.235 respons dan telah dibagikan 1.777 kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Tak hanya di media sosial Facebook, KFC Indonesia juga gencar mengampanyekan di media sosial lain, seperti Twitter dan Instagram.

"KFC Indonesia mulai pertengahan tahun 2018 telah menerapkan budaya beberes untuk sebagian store KFC dengan menyediakan tempat pembuangan bekas makan (waste bin)," ujar Direktur PT Fast Food Indonesia Tbk, Justinus Dalimin Juwono, saat dihubungi Kompas.com pada Rabu (16/1/2019).

"Waste bin ini dirancang khusus dan diletakkan di tempat yang mudah dijangkau tamu KFC yang selesai makan dengan suka rela membawa ke waste bin," kata Justinus.

Menurut dia, hal ini merupakan edukasi budaya yang baik kepada masyarakat.

Selain itu, KFC Indonesia juga telah menerapkan wadah makan sekali pakai. Upaya ini juga mendukung kampanye beberes makanan.

"KFC Indonesia tidak memakai piring sejak 2018 dan sekarang hampir semua store menjalankannya. Hal lain juga menghindari pemakaian air dan pembersih yang bekerja terlalu banyak," ujar Justinus.

Baca juga: Viral, Video Pria Gunakan Bucket KFC untuk Isi Ulang Minuman

Polemik warganet

Sejumlah konsumen mendukung upaya KFC untuk membiasakan diri membereskan makanan setelah selesai makan.

"Good job min..Kampanye kaya gini nih cocok ubah etika, manner masyarakat negara berkembang kaya indo. Biar punya sifat menghargai satu sama lain sama siapapun, punya kebiasaan buat mandiri dan ga merendahkan orang lain meskipun kepada pekerja. Mereka jg manusia biasa," tulis akun @sherlyn_alviana.

"Yeay!! Membiasakan yang baik," tulis akun @chitrairachitra.

Halaman:



Close Ads X