Mal Ramah Anak Autisme Dibuka di Malaysia - Kompas.com

Mal Ramah Anak Autisme Dibuka di Malaysia

Kompas.com - 16/01/2019, 16:00 WIB
Ilustrasi malThinkstock/YiuCheung Ilustrasi mal

KOMPAS.com - Mengajak anak berkebutuhan khusus seperti autisme dan hiperaktif ke mal bisa menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua.

Untuk "memudahkan tugas" orangtua anak berkebutuhan khusus saat berada di tempat umum, sebuah mal yang ramah untuk anak autis yakni Mal Sunway Putra dibuka di Kuala Lumpur, Malaysia.

Beberapa aspek yang diperhatikan oleh mal tersebut mulai dari cahaya lampu, jenis musik, hingga volumenya juga diatur.

Apa yang terasa biasa saja bagi orang normal bisa berpengaruh berbeda pada orang berkebutuhan khusus.

"Fasilitas yang kami tawarkan termasuk antrian prioritas di kasir untuk keluarga yang memiliki anak autisme, sehingga kunjungan ke mal jadi nyaman," kata General Manager Phang Sau Lian.

Ia mengatakan, manajemen masih akan terus menggali fasilitas yang dibutuhkan bagi anak austime.

"Kami juga terbuka pada masukan dari masyarakat dan mereka yang merawat anak autisme sehingga kami bisa melengkapi diri," katanya.

Lingkungan yang ramai seperti mal bisa membuat anak tidak nyaman, bahkan mengalami tantrum dan marah karena tingginya sensori dari lingkungan.

Menurut Lian, pihak mal juga bekerja sama dengan komunitas Autism Behavioral Center (ABC) yang sudah berpengalaman selama 15 tahun.

"Bahkan potong rambut di salon bisa jadi pengalaman yang membuat anak autis stres karena sensori yang diterimanya berlebihan," kata direktur ABC, Charlene Marie Samuel.



Terkini Lainnya


Close Ads X