Manfaat Sake bagi Kecantikan dan Kesehatan

Kompas.com - 22/02/2019, 14:18 WIB
Gentong-gentong sake yang dipersembahkan untuk Kuil Meiji di Tokyo Kompas.com/WisnubrataGentong-gentong sake yang dipersembahkan untuk Kuil Meiji di Tokyo

KOMPAS.com - Jika minuman alkohol lainnya dapat memmengaruhi kesehatan tubuh dan dapat membuat kulit wajah terlihat lebih tua, sake malah dapat membuat kulit Anda semakin bersinar dan kenyal.

Hasil dari fermentasi beras, sake menghasilkan berbagai enzim. Salah satunya adalah asam koji. Asam Koji mempunyai manfaat untuk mencerahkan wajah, mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit.

Kadar alkohol yang dari sake pun sangat sedikit yaitu kurang dari satu persen. Walau dari hasil sisa sia fermentasi beras, namun sangat lezat dan manis untuk disajikan secara dingin saat musim panas begitu juga sebaliknya.

Salah satu perusahaan makanan ringan asal Jepang, Morinaga, berkolaborasi dengan Universitas Tekni Tokyo dalam mempelajari efek positif dari sake.

Dikutip dari Rocketnews24, penelitian yang diikuti 17 peserta perempuan berusia 40-60 tahun ini mengajak peserta untuk mengomsumsi sake dua kali sehari selama satu bulan.

Hasil dari penelitian ini pun menunjukkan sake bermanfaat bangi kesehatan dan kecantikan. Para peserta mengaku kulit menjadi lebih halus, lingkaran sekeliling mata berkurang dan rambut jadi lebih mengkilap.  

Penggunaan sake untuk kecantikan ternyata sudah diterapkan sejak zaman dahulu. Para geisha dikenal melakukan ritual berendam dalam air yang sudah dicampur dengan satu liter sake.

Berendam selama 30 menit ini dipercaya mampu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih halus.

Cara termudah saat ini dalam perawatan kulit ialah memakai sake sebagai face toner. Apabila kulit Anda sensitif campurkan sake dengan air. Untuk Anda kulit normal hingga berminyak, sake tidak perlu dicampur dan bisa langsung dipakai.

Selain kecantikan, sake mempunyai manfaat kesehatan. Dapat memberikan kehangatan pada bagian dalam tubuh, mampu memperlancar sirkulasi dari, melancarkan pencernaan, dan dipercaya dapat menghilangkan racun dan sakit otot pada tubuh.

Kadar yang pas untuk menghangatkan tubuh adalah dua gelas kecil.

Sake dapat juga Anda kombinasikan dengan telur. Dimana kombinasi ini mampu memberikan energi dan mencegah flu. Kandungan alkohol memberikan kehangtan dan telur yang kaya gizi merupakan sebuah perpaduan yang sempurna.

Perpaduan ini adalah salah satu obat tradisional yang banyak digunakan dalam tradisi Jepang dikenal dengan nama tamagozake.

Artikel ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Honestbee

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Honestbee

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X