Lebih Baik Mana: Berlari Memakai Sepatu atau Tanpa Alas Kaki?

Kompas.com - 05/03/2019, 06:06 WIB
Ilustrasi lari tanpa alas kaki shutterstockIlustrasi lari tanpa alas kaki
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Apakah kamu sering berolahraga tanpa menggunakan sepatu? Katanya, berlari tanpa menggunakan sepatu memiliki manfaat lebih baik, tapi apakah benar?

Lalu apakah sepatu hanya berfungsi sebatas untuk melindungi kaki dari benda-benda yang mungkin bisa melukai? Ataukah lebih dari itu?

Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Nature menyatakan bahwa sepatu lari tak hanya berfungsi untuk melindungi kaki, namun juga mengubah cara berlari manusia.

Penelitian ini mengajak sebanyak 16 peserta lari yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu pelari dengan sepatu dan kelompok lainnya bertelanjang kaki.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa para pelari yang bertelanjang kaki memiliki telapak kaki yang cenderung rata. Hal ini disebabkan karena saat mereka menapak, maka kaki akan mendarat pada bagian tengah atau depan – di mana terdapat lengkungan telapak kaki.

Sementara para pelari yang menggunakan sepatu, memiliki lengkungan yang lebih terlihat jelas. Hal ini juga diakibatkan karena sepatu lari menjaga agar telapak kaki tetap memiliki lengkungan.

Dalam penelitian sebelumnya, memang ditemukan bahwa menggunakan sepatu lari dapat membuat otot-otot kaki kejang, akibat bekerja lebih keras. Namun bukan berarti kita lebih baik berlari dengan bertelanjang kaki.

Baca juga: Bagaimana Memilih Sepatu Lari yang Tepat?

Sebagian orang mungkin menganggap sepatu lari hanya berfungsi untuk melindungi kaki dari batu atau benda asing yang mungkin menyakiti telapak kaki. Tetapi, ternyata tidak sesederhana itu, sepatu jenis ini juga menjaga agar lengkungan kaki tetap terbentuk dan tak berubah menjadi rata.

Sebab, lengkungan yang ada pada telapak kaki berfungsi untuk menyeimbangkan tubuh ketika melakukan gerakan. Justru, telapak kaki yang rata berisiko mengalami nyeri dan sakit pada otot-otot kaki.

Lagi pula, telah banyak sepatu lari yang memperhitungkan bantalan pada tumit, sehingga mengurangi tingkat tekanan di tumit dan otot tidak perlu bekerja begitu keras.

Bagaimana cara memilih sepatu lari yang paling baik?

Kamu mungkin bingung ketika harus membeli sepatu lari, sebab pilihan merek dan gaya yang cukup banyak. Berikut adalah tips untuk memilih sepatu yang baik dan sesuai:

  • Ketahui kebiasaan larimu. Bila hanya sebatas jogging, tentu pilihan sepatunya akan berbeda dengan olahraga lari maraton atau sprint.
  • Hal terpenting, pastikan ukuran sepatu tepat bagi kaki. Sebelum membeli, sebaiknya coba dulu sepatu pilihanmu. Sepatu dengan ukuran yang sesuai akan membuat kaki lebih nyaman ketika berlari.



Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X