Mengapa Junk Food Terasa Lezat di Lidah?

Kompas.com - 22/07/2019, 11:11 WIB
Ilustrasi burger vegan shutterstockIlustrasi burger vegan

KOMPAS.com - Makanan tidak sehat atau yang 'junk food' sering dianggap buruk untuk tubuh karena tinggi kalori namun kandungan nutrisinya rendah.

Adapun makanan yang paling banyak disajikan di restoran cepat saji dan masuk kualifikasi junk food antara lain cake, minuman bersoda, es krim, burger, hot dog, dan lainnya.

Namun, mengapa junk food sangat digemari dan banyak orang mengaku sulit menolak godaannya?

Setidaknya ada tiga alasan mengapa junk food sangat populer meskipun sudah banyak ulasan bahwa makanan ini adalah pilihan yang buruk bagi kesehatan.

1. Murah

Alasan utamanya mungkin ini: harganya relatif murah dan porsinya besar. Beberapa restoran bahkan juga menyediakan paket makanan yang membuat kita bisa mendapatkan beberapa jenis makanan dengan harga yang sangat ekonomis.

Sama halnya dengan di toko bahan pangan, camilan tinggi sodium dan lemak sangat mudah kita dapatkan dan harganya murah. Sedangkan buah segar dan sayur-sayuran cenderung lebih mahal.

Baca juga: 4 Tahap Jitu Melawan Godaan Makan Junk Food

Sebungkus keripik kentang, misalnya, bisa kita dapatkan kurang dari Rp 5.000. Namun untuk mendapatkan satu buah apel kita perlu mengeluarkan uang lebih besar.

Namun, meskipun banyak junk food yang harganya murah, terlalu banyak mengkonsumsi makanan jenis ini akan membuat kita mengeluarkan lebih banyak uang dalam jangka panjang karena memiliki dampak buruk terhadap kesehatan.

2. Praktis

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X