BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Polytron

Awas, Jangan Asal Taruh Makanan dalam Kulkas!

Kompas.com - 26/07/2019, 11:33 WIB
Ilustrasi kulkas elegan Dok. PolytronIlustrasi kulkas elegan

KOMPAS.com – Awal bulan adalah waktu yang dinanti-nanti oleh kebanyakan keluarga. Pasalnya, awal bulan merupakan masa yang pas untuk berbelanja.

Adapun jenis barang yang biasanya dibeli saat belanja bulanan, seperti alat mandi, alat mencuci pakaian, dan beberapa bahan-bahan makanan.

Bahkan, terkadang mungkin Anda akan berbelanja bahan makanan lebih dari yang dibutuhkan.

Tergiur harga diskon, stoknya terbatas, atau karena hanya keinginan semata merupakan beberapa faktor yang membuat Anda overspend (mengeluarkan terlalu banyak uang).

Padahal, bahan makanan seperti buah dan sayuran akan mudah busuk karena waktu segarnya terbilang singkat.

Oleh karena itu, dibutuhkan trik menyimpan bahan makanan yang baik dan benar agar tetap awet.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nah, untuk selengkapnya simak beberapa trik penyimpanan bahan makanan berikut ini.

1. Simpan pada suhu kamar

Kebanyakan orang mungkin akan meletakkan buah-buahan dan sayuran yang mereka beli langsung ke dalam lemari es. Namun, faktanya tidak semua buah dan sayuran wajib dimasukkan ke lemari pendingin.

Beberapa di antaranya akan lebih bagus bila disimpan pada suhu kamar dan yang terpenting tidak terkena sinar matahari langsung.

Misalnya pisang. Buah berwarna kuning ini ternyata dapat disimpan dalam suhu kamar selama tiga hari pertama. Namun, jika lebih dari waktu itu letakkan pisang di dalam lemari es.

Apel dan Jeruk Bali pun begitu. Apel bisa bertahan pada suhu kamar selama lima hari dan jeruk bali selama tujuh hari. Setelahnya, silakan masukkan ke dalam kulkas.

Nah kemudian untuk sayuran, bawang dan kentang tak perlu dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Cukup simpan di tempat yang kering dan gelap maka kesegarannya akan terjaga.

Ilustrasi wortelSHUTTERSTOCK Ilustrasi wortel

2. Wajib masuk lemari es

Ada beberapa sayuran dan buah-buahan yang wajib diletakkan dalam lemari es agar tetap segar. Namun, Anda harus mengetahui cara penyimpanan yang baik dan benar agar kualitasnya tetap terjaga.

Wortel dan buah bit, misalnya. Untuk menjaga kualitas kesegaran kedua bahan makanan ini, sebaiknya potong terlebih dahulu bagian hijau yang menempel di atasnya.

Setelah itu, simpan menggunakan kantong kering dan letakkan ke dalam lemari es.

Adapun jagung perlu perhatian khusus. Untuk melindungi kesegaran sayuran berwarna kuning ini, ada baiknya jangan membuka kulitnya jika ingin disimpan dalam waktu lama.

Ini karena kulit jagung akan menghindari kekeringan pada biji jagung.

Perlu diketahui, melansir Kompas.com, Jumat (20/9/2013), sangat penting hukumnya untuk menyimpan semua buah dan sayuran dalam kantong terpisah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan umur simpannya.

Baca juga: Ingat... Tak Semua Makanan Dapat Disimpan dengan Cara yang Sama!

Hal itu untuk menghindari zat etilen yang dapat mempercepat proses pematangan buah-buahan lain dan sayuran di sekitar mereka. Zat ini juga sekaligus dapat mengakibatkan pembusukan dini pada makanan.

Ilustrasi ikanSHUTTERSTOCK Ilustrasi ikan

3. Teknik penyimpanan bahan makanan lain

Dalam melakukan belanja bulanan, Anda tak hanya terpaku pada pembelian sayuran dan buah-buahan saja, bukan?

Jenis bahan lainnya seperti ikan dan daging ayam merupakan beberapa contoh yang mungkin Anda beli untuk disimpan.

Namun, ada baiknya jangan menyimpan ketiga bahan tersebut secara sembarangan untuk menghindari kebusukan yang bisa saja terjadi.

Sebagai contoh ikan, jangan sesekali mencampur ikan dengan makanan lain. Hal ini untuk menghindari tersebarnya aroma amis pada makanan di sekitarnya.

Selanjutnya, daging. Ada baiknya juga untuk tetap menjaga kemasan aslinya agar kesegarannya tidak berkurang. Lalu, simpanlah di laci khusus dalam lemari es.

Untuk ruang penyimpanan khusus ini, Anda memerlukan lemari es yang sesuai kebutuhan.

Jangan sampai, lemari es yang Anda gunakan tidak kompatibel dan membuat bahan makanan yang telah Anda beli diletakkan sembarangan.

Baca juga: Begini Cara Buat Dapur Elegan Tanpa Perlu Biaya Mahal

Selain itu, pilih lemari pendingin yang dapat mengatur suhu pada ruangan tertentu sesuai kebutuhan. Contoh, lemari es Belleza Inverter Side By Side 550 liter yang memiliki Magic Fresh Room.

Bila Anda memerlukan kulkas dengan ruangan yang lebih banyak, Polytron Belleza berkapasitas 560 liter bisa menjadi opsi.

Kulkas jenis itu memiliki empat pintu extra spacious sehingga memberikan keleluasaan penggunanya saat menyimpan makanan.

Selanjutnya, ada Belleza dengan kapasitas 460 liter. Jenis kulkas ini sangat cocok untuk keluarga yang lebih mengedepankan estetika desain dan fungsi ruangan di dalamnya.

Nah, sekarang pilihan ada di tangan Anda. Sesuaikan kebutuhan keluarga Anda dengan lemari es yang dapat menjaga kesegaran makanan dan memiliki kapasitas cukup untuk keluarga di rumah.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.